Timnas Korea Selatan U-23 untuk Pertama Kalinya dalam 40 Tahun Tidak Bisa Pergi ke Olimpiade

JABAR EKSPRES – Di perempat final Piala Asia U23 Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) 2024, Timnas Korea Selatan U-23 yang dilatih oleh Hwang Seon-hong mengalami kekalahan dari Timnas Indonesia. Pertandingan berlangsung sengit hingga babak adu penalti di Stadion Abdullah Bin Khalifa Doha, Qatar pada Selasa, (26/4).

Meskipun bertarung dengan gigih, timnas Korea Selatan U-23 kalah dan gagal melaju ke final Olimpiade Paris untuk kesepuluh kalinya berturut-turut.

Selama 120 menit pertandingan, kedua tim bermain imbang 2-2 sebelum akhirnya melakukan perpanjangan waktu. Pada turnamen ini, yang juga merupakan final Asia sepak bola putra Olimpiade Paris 2024, peringkat 1 hingga 3 akan langsung lolos ke Paris, sementara peringkat 4 akan mengikuti playoff antarbenua.

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 Taklukan Korea Selatan, STY: Kami Bisa Mencapai Final

Korea, yang selalu mencapai final sejak Olimpiade Seoul 1988, harus tersingkir di perempat final, mengakhiri rekor mereka.

Pertandingan melawan Indonesia ini menjadi kekalahan pertama Korea dalam pertemuan mereka. Sebelumnya, Korea selalu memenangkan semua 5 pertemuan. Hwang, yang ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas U-23 persiapan Olimpiade Paris sejak September 2021, gagal memenuhi harapan meski diberi waktu dua tahun enam bulan untuk persiapan.

Di sisi lain, Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia A dan U-23 sejak tahun 2020, menunjukkan kemampuannya dengan memimpin timnya meraih kemenangan atas timnas Korea Selatan U-23.

Sebelum pertandingan, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia memperpanjang kontrak dengan Shin hingga 2027, menunjukkan keyakinan pada kepemimpinannya. Indonesia berusaha melangkah ke final untuk pertama kalinya dalam 68 tahun sejak Olimpiade Melbourne 1956. Mereka akan berhadapan dengan pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi untuk merebut tiket ke final pada tanggal 29.

Baca juga: Torehan Gemilang: Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 setelah Drama Adu Penalti

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan