Saksi Ungkap Detik-Detik Helikopter Jatuh di Ciwidey, Begini Keadaan Korban

JABAR EKSPRES – Sebuah rekaman video tentang kejadian helikopter jatuh di tengah kebun teh Ciwidey telah menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat helikopter sedang terbakar dengan asap hitam yang keluar. Beberapa warga dapat dilihat membantu para penumpang yang berhasil selamat.

Setelahnya, diketahui bahwa helikopter yang jatuh tersebut adalah Bell 412 milik TNI AD yang tengah menjalani latihan.

Kejadian helikopter TNI AD jatuh ini terjadi di kawasan Ciwidey, Kampung Bayongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari Minggu, 28 Mei 2023, pukul 13.30 WIB.

Semua korban yang adalah anggota kru helikopter yang berjumlah lima orang berhasil selamat meskipun mengalami beberapa luka.

Menurut Kepala Dispenad, Brigjen TNI Hamim Tohari, kelima anggota kru tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena luka-luka akibat benturan.

BACA JUGA: Helikopter TNI AD Jatuh di Ciwidey Dipakai Saat Latihan Pra Tugas

“Seluruh kru helikopter selamat, namun mengalami luka-luka benturan dan sudah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi, untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan,” ujar Hamim dalam keterangan tertulis, Minggu.

Hamim menyatakan bahwa penyebab jatuhnya helikopter Bell 412 ini dan kronologinya masih sedang dalam tahap penyelidikan.

Seorang saksi bernama Asep (35), yang tinggal di Kampung Bayongbong, terkejut mendengar suara ledakan yang keras pada hari Minggu siang.

Asep mengatakan bahwa pada saat itu, dia melihat dari jauh adanya nyala api yang cukup besar, diikuti dengan asap hitam yang keluar.

Kemudian, Asep baru mengetahui bahwa suara ledakan tersebut berasal dari helikopter milik TNI AD yang jatuh di salah satu wilayah kebun teh yang ada di Ciwidey.

“Suaranya kedengaran keras. Saya juga lagi kerja pas kejadian,” kata Asep saat ditemui di Kampung Bayongbong (28/5).

“Dari lokasi saya kerja ada kelihatan, terus dari Masjid Nurul Iman juga kelihatan,” kata Asep menambahkan.

Dari masjid, jarak ke lokasi jatuhnya helikopter sekitar 1 kilometer. Terungkap bahwa tempat helikopter jatuh di sebuah kebun teh yang tidak terawat di Ciwidey.

Asep mengungkapkan bahwa daerah sekitar Kampung Bayongbong sering digunakan sebagai lokasi latihan oleh TNI dalam dua tahun terakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan