Polda Sebut Video Mario Dandy Pasang Kabel Ties Editan, Pengacara David Geleng Kepala

JAKARTA – Sebuah rekaman video menjadi viral di media sosial yang menampilkan adegan tersangka penganiayaan Cristalino David Ozora, yaitu Mario Dandy Satrio (20) memasang sendiri borgol kabel ties namun muncul isu video tersebut adalah editan.

Video ini dibagikan oleh beberapa akun Twitter pada Jumat 26 Mei 2023. Dalam video tersebut, terlihat Mario Dandy duduk di dalam sebuah ruangan. Ia kemudian mengambil kabel ties dari meja dan mengikatkannya pada tangannya sendiri.

Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa video viral terkait dengan Mario Dandy melepas dan memasang kabel ties yang mengikat tangannya adalah rekayasa alias editan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, menyatakan bahwa video tersebut hasil editan setelah menggabungkan dua peristiwa yang berbeda.

“Video tersebut menggambarkan dua peristiwa yang melalui proses editing digabungkan menjadi satu frame. Dengan menambahkan teks dan back sound effect sehingga menimbulkan persepsi negatif,” kata Trunoyudo dalam keterangan resmi, Jumat 26 Mei 2023.

BACA JUGA: Agnes Diduga Bantu Mario Dandy untuk Aniaya David Hingga Koma

Trunoyudo menjelaskan bahwa peristiwa tersebut sebenarnya terjadi di kawasan Rutan Polda Metro Jaya dan diawasi oleh petugas yang berwenang.

“Peristiwa tersebut masih bertempat di kawasan Rutan Polda Metro Jaya, di bawah pengawasan penyidik serta Direktorat Tahanan dan barang bukti saat pengurusan administrasi penyerahan tersangka ke penyidik,” jelasnya.

Namun, Mario secara spontan menggunakan sendiri kabel ties setelah menyadari adanya kamera yang merekam.

Menurut penjelasannya, kejadian sebenarnya terjadi setelah proses administratif penyerahan Mario kepada penyidik selesai. Pada saat itu, petugas langsung memberikan baju tahanan berwarna oranye kepada Mario dan memasangkannya dengan kabel ties.

“Selanjutnya, penyidik membawa tersangka keluar dari Rutan Polda Metro Jaya ke Gedung Bid Dokkes untuk dilakukan tes kesehatan sebelum dilakukan pelimpahan tahap II ke Kejari Jakarta Selatan,” katanya lagi.

Sebelumnya, sebuah video telah menjadi topik perbincangan karena menunjukkan Mario tertangkap kamera saat melepas dan memasang kabel ties untuk mengikat tangannya sendiri.

Dalam rekaman tersebut, terlihat Mario mengambil kabel ties yang terletak di meja dan memasangkannya pada kedua tangannya, kemudian mengencangkannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan