Pihak YouTube Bakal Hapus Fitur YouTube Stories, Kabar Baik bagi Konten Kreator?

JABAR EKSPRESYouTube belum lama ini mengumumkan bahwa YouTube Stories akan berhenti beroperasi pada 26 Juni 2023.

Penghapusan YouTube Stories tersebut merupakan langkah perusahaan untuk meningkatkan fokus pada fitur YouTube lain seperti Shorts, Postingan Komunitas, dan live streaming.

Para konten kreator akan mendapatkan pengumuman penghapusan YouTube Stories ini lewat berbagai kanal seperti posting forum, pesan aplikasi, hingga di YouTube Studio.

Bagaimanapun, TikTok merupakan pihak pertama yang memulai dan mempopulerkan hiburan video singkat tersebut.

Sebelumnya, YouTube memulai fitur Stories ini pada tahun 2018 untuk menunjang profesi konten kreator.

BACA JUGA: Info Harga dan Spek Lengkap HP Samsung A73 5G, Kamera Gagah dengan Desain Menawan!

Semenjak itu pihak YouTube telah menyarankan agar konten kreator memanfaatkan fitur Stories untuk berinteraksi dengan para penonton.

Seperti halnya Instagram, fitur ini di YouTube juga bakal menghilang dalam waktu yang telah ditentukan.

Yang membedakannya dengan Instagram, para pengguna tidak dapat menyimpan ceritanya di akun YouTube-nya.

Sayangnya, popularitas fitur mereka ini tidak bisa menandingi fitur Stories Instagram. Bahkan, pihak YouTube sendiri mengakui bahwa fitur Stories mereka itu gagal.

Bagaimanapun, saat ini para konten kreator lebih banyak memanfaatkan fitur YouTube Short ketimbang memaksimalkan fitur tersebut dalam berinteraksi dengan audiens.

Bukan tanpa alasan, sebab fitur Short ini lebih sukses ketimbang fitur Stories dalam menggaet lebih banyak subscriber.

BACA JUGA: Spek Samsung Galaxy S23 Ultra, Kamera dengan Kualitas Kelas Kakap!

“Seiring dengan meningkatnya adopsi Shorts di YouTube, kami melihat bahwa para kreator mendapatkan keuntungan dari format baru ini,” kata pihak YouTube, dikutip dari TechCrunch.

Lebih lanjut, pihak YouTube mengatakan bahwa langkah terbaru mereka dalam menghapus fitur tersebut adalah untuk membuat kreator lebih sukses.

“Stories akan hilang sehingga kami dapat memprioritaskan area-area utama yang dibutuhkan oleh para kreator untuk menjadi sukses. Kami akan terus berinvestasi untuk membantu para kreator berkembang dan terhubung dengan audiens mereka di berbagai format,” tambah mereka.

Pada tanggal tersebut, tidak mungkin lagi untuk membuat YouTube Story baru, tetapi Stories yang sudah ditayangkan akan tetap tayang selama 7 hari setelah dibagikan, kata YouTube.*** (arp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan