Kupas Tuntas Biodiversitas, SEAMEO BIOTROP Gandeng IPB University Gelar Webinar Internasional

JABAR EKSPRES – SEAMEO BIOTROP bekerjasama dengan IPB University menggelar Webinar Internasional Biodiversity Talk yang melibatkan ratusan peserta dari sejumlah negara.

Ada tiga webinar yang dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya biodiversitas, serta mempromosikan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan dari keragaman hayati.

Diketahui, bertajuk ‘Protecting Our Blue Planet: Strategies for Marine Conservation’ menjadi webinar pertama yang diikuti 600 lebih peserta dari kalangan pelajar, akademisi, dosen, guru, praktisi, hingga pemangku kebijakan.

Sedangkan webinar kedua webinar Talk Series on Biodiversity Agro-Eco-Edu Tourism: ‘Grounding the Global Biodiversity Framework (GBF) in Managing Agro-Eco-Edu-Tourism’ digelar pada 16 Mei 2023 dan webinar ketiga berjudul ‘International Webinar on Biodiversity Education: Strategic Plan to Enhance Marine Awareness’ diselenggarakan pada tanggal 22 Mei 2023.

BACA JUGA: Wujudkan Impian Para Lansia Menjadi Lansia Mandiri, Universitas Kristen Maranatha Gelar Kegiatan PkM di Posbindu Cicendo

Direktur SEAMEO BIOTROP, Zulhamsyah Imran mengatakan, dalam webinar tersebut pihaknya menghadirkan tujuh narasumber yang terdiri dari peneliti, akademisi, serta praktisi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam upaya konservasi sumberdaya hayati.

Ia mencontohkan, seperti narasumber dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University, Prof Nurjanah yang membagikan pengalamannya dalam pemanfaatan berbagai macam sumberdaya laut serta produk turunannya melalui pendekatan berkelanjutan dan zero-waste.

Kemudian, sambung dia, narasumber kedua Prof Liwayway Acero dari San Beda University Manila, Filipina, membahas mengenai upaya konservasi penyu di Puerto Princesa National Park. Dalam sudut pandang lain mengenai konservasi sumberdaya lautan.

“Webinar selanjutnya akan diselenggarakan di bulan Juni 2023, masyarakat bisa follow media sosial SEAMEO BIOTROP di Facebook dan Instagram @seameobiotrop untuk mendapatkan Informasi kegiatan dan pendaftaran,” katanya kepada wartawan, Jumat, 26 Mei 2023.

BACA JUGA: Prodi Sarjana Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi Internasional IABEE

Zulhamsyah menjelaskan, rangkaian webinar ini merupakan bagian dari kegiatan menuju gelaran 4th International Conference on Tropical Biology (ICTB) yang akan diselenggarakan di SEAMEO BIOTROP, Bogor pada 25-26 Oktober 2023 mendatang.

“Jadi SEAMEO BIOTROP mengundang seluruh akademisi, praktisi, peneliti, dan masyarakat umum yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” sebutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan