Wujudkan Impian Para Lansia Menjadi Lansia Mandiri, Universitas Kristen Maranatha Gelar Kegiatan PkM di Posbindu Cicendo

Jabar EkspresPerguruan Tinggi sebagai salah satu wadah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat perlu berperan aktif dalam mendukung strategi Indonesia.

Untuk itu, Perguruan Tinggi perlu mendukung pemerintah Indonesia untuk berkontribusi memberikan solusi mengenai permasalahan di masyarakat Indonesia khususnya permasalahan menurunnya kualitas hidup ketika kelompok masyarakat mengalami penurunan usia (kelanjutanusia/lansia).

Dekan Fakultas Bisnis, Tan Ming Kuang, S.E., M.Si., Ak., Ph.D. menuturkan, Perguruan Tinggi perlu memikirkan program-program kerja yang berhubungan dengan masyarakat yang dikenal program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan hal ini merupakan salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi.

“Universitas Kristen Maranatha adalah salah satu Perguruan Tinggi di Bandung yang menanamkan prinsip kepedulian kepada masyarakat dalam proses pembelajarannya,” tutur Tan Ming Kuang.

Ia menjelaskan, Universitas Kristen Maranatha juga mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu menerapkan hasil proses pembelajaran di kampus kepada masyarakat agar dapat berkontribusi untuk memberikan solusi bagi masyarakat khususnya para lansia sehingga permasalahan lansia yang berhubungan dengan penurunan kualitas hidup dan menjadi beban masyarakat produktif dan negara dapat teratasi.

Berdasarkan kedua hal ini, maka adanya kolaborasi multidisiplin ilmu antara Program Studi Sarjana Manajemen, Sarjana Akuntansi, Sarjana Kedokteran, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Penuaan Kulit dan Estetika, Fakultas Bisnis dan Fakultas Kedokteran di Universitas Kristen Maranatha untuk melakukan kegiatan PkM. Tim Pengadi dalam kegiatan PkM ini merupakan gabungan antara dosen dan mahasiswa.

BACA JUGA: Prodi Sarjana Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi Internasional IABEE

Urgensi kegiatan PkM ini adalah memecahkan salah satu permasalahan para lansia di Indonesia khususnya di Posbindu Tulip RW03 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Bandung Jawa Barat.

Kegiatan PkM ini merupakan kegiatan PkM lanjutan dari kegiatan PkM Pengembangan Lansia Mandiri yang diselenggarakan 20 Desember 2022.

Berdasarkan hasil riset kebutuhan yang telah dihasilkan dari PkM Pengembangan Lansia Mandiri adalah para lansia di Posbindu Tulip RW03 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Bandung Jawa Barat membutuhkan sehat dan bahagia.

Berdasarkan urgensi, kegiatan PkM ini bertujuan untuk mengembangkan para lansia di Posbindu Tulip RW03 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Bandung Jawa Barat melalui pemeriksaan dan pendampingan kesehatan fisik sehingga dapat mewujudkan impian para lansia menjadi Lansia Mandiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan