Prodi Sarjana Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi Internasional IABEE

Jabar Ekspres – Program Studi (Prodi) Sarjana Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan berhasil meraih status bertaraf internasional. Status akreditasi internasional (General Accreditation) dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) itu resmi ditetapkan per 22 Februari 2023 oleh Ketua Komite Eksekutif IABEE Prof. Dr. Ir. Muhammad Romli, M.Sc.St., IPU.

Raihan ini merupakan suatu prestasi mengingat Prodi Sarjana Teknik Kimia Unpar merupakan Prodi Teknik Kimia PTS pertama di lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, juga PTS kedua di Indonesia yang memperoleh status akreditasi tersebut.

Akreditasi internasional IABEE ini pun tentunya sejalan dengan predikat Unggul yang telah dikantongi Prodi Sarjana Teknik Kimia Unpar dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan demikian, lulusan dari Prodi Teknik Kimia UNPAR semakin berpeluang memiliki karier untuk bergabung dan berkiprah secara profesional sebagai insinyur global.

Sebagaimana diketahui, IABEE merupakan lembaga akreditasi internasional independen dan non-profit yang dikelola di bawah Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang bertujuan menjamin pelaksanaan pendidikan tinggi keteknikan (engineering) di Indonesia dengan standar internasional.

IABEE pun telah memperoleh status signatory member Washington Accord pada tahun 2022. Washington Accord merupakan konvensi internasional lembaga-lembaga penyelenggara akreditasi (23 negara, termasuk Indonesia, dan di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Australia, New Zealand, Kanada, Irlandia, Afrika Selatan, China, Jepang, Korea, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia) yang menjamin rekognisi bersama program studi teknik yang terakreditasi.

BACA JUGA: Universitas Harvard akan Mengadakan Ajaran Bahasa Indonesia

Dilansir dari laman iabee.or.id, terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi lulusan, industri/ perusahaan/ lembaga pemerintahan pengguna lulusan, dan juga bagi calon mahasiswa.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lulusan dari Prodi yang telah terakreditasi oleh IABEE, lulusan tersebut memiliki peluang karir untuk bergabung dan berkiprah secara profesional sebagai insinyur global.

Di sisi lain, bagi pengguna lulusan, akreditasi IABEE memberikan jaminan terhadap lulusan yang direkrut merupakan tenaga profesional yang mampu berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan atau pun lembaga di tingkat dunia. Selain itu, lulusan dari program studi yang terakreditasi IABEE juga disiapkan untuk dapat terus beradaptasi dan berkembang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi terkini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan