Terkuak! Bangunan Terbakar Ternyata Milik Dinas Perum Perhutani

BANDUNG – Rumah Dinas Perum Perhutani Bandung Utara di Jalan Tasikmalaya, Kelurahan Kaca Piring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung hangus terbakar.

Saksi di lokasi kejadian, Humas Perum Perhutani Bandung Utara, Endan mengatakan, bangunan yang terbakar dalam kondisi kosong alias tak berpenghuni.

“Sudah sekitar 15 bulan tidak dihuni, karena sementara ini belum ada pejabat depinitif. Jadi rumah dinas Perum Perhutani dikosongkan,” kata Endan kepada Jabar Ekspres, Kamis (25/5).

Dia menerangkan, kondisi rumah dinas tersebut memang sudah cukup tua, bahkan desain bangunan pun masih terlihat mengadaptasi era Hindia Belanda.

“Walaupun kosong tapi tetap ada perawatan, untuk di halaman depan rumah itu dibersihkan setiap hari, pagi-pagi dan sore,” terang Endan.

“Kalau listrik memang hanya bagian depan rumah yang dinyalakan setiap menjelang malam dan satu lampu di ruangan tengah yang dinyalakan,” lanjutnya.

Endan mengungkapkan, kobaran api mulai terlihat di bagian belakang rumah dinas Perum Perhutani, dengan kepulan asap berwarna hitam yang cukup pekat.

“Untungnya dekat dengan Kantor Damkar, jadi petugas lebih cepat sampai lokasi buat pemadaman,” ungkapnya.

Endan menyampaikan, karena kondisi bangunan yang kosong, maka dalam peristiwa kebakaran Rumah Dinas Administratur Perum Perhutani Bandung Utara, tidak memakan korban jiwa.

“Paling kerugian akibat kebakaran ini sekitar Rp300 juta,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat memaparkan, pihaknya menerima laporan terjadi kebakaran pada pukul 14.47 WIB.

“Kita langsung meluncur, karena kebetulan Alhamdulillah lokasi dekat dengan Kantor Damkar di Jalan Sukabumi,” kata Yusuf kepada Jabar Ekspres di lokasi.

“Kurang lebih dari kantor ke sini sekitar tiga menit,” tambahnya.

Yusuf menerangkan, melalui laporan yang diterimanya, bangunan rumah Perum Perhutani mulai dicurigai terbakar karena terlihat mengeluarkan kepulan asap tebal.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, terlihat sebanyak empat armada pemadam kebakaran dikerahkan oleh Diskar PB Kota Bandung untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan rumah Perum Perhutani.

Warga di area sekitar terlihat fokus menyaksikan proses pemadaman api oleh petugas Damkar, bahkan tak sedikit yang sengaja mengabadikan momen si jago merah yang dijinakkan oleh Diskar PB Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan