Si Jago Merah Lahap Satu Bangunan di Kota Bandung

BANDUNG – Si jago merah (lalapan api) kembali melalap satu bangunan rumah kosong di Jalan Tasikmalaya, Kelurahan Kaca Piring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung pada Kamis, 25 Mei 2023.

Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, langsung bergerak memadamkan si jago merah yang menghanguskan setiap sisi dan ruangan bangunan tersebut.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengatakan, pihaknya menerima laporan terjadi kebakaran oleh si jago merah pada Pukul 14.47 WIB.

“Kita langsung meluncur, karena kebetulan Alhamdulillah lokasi dekat dengan Kantor Damkar di Jalan Sukabumi,” kata Yusuf kepada Jabar Ekspres di lokasi.

“Kurang lebih dari kantor ke sini sekitar tiga menit,” tambahnya.

Yusuf menerangkan, melalui laporan yang diterimanya, bangunan rumah mulai dicurigai dilalap api karena terlihat mengeluarkan kepulan asap tebal.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, terlihat sebanyak empat armada pemadam kebakaran dikerahkan oleh Diskar PB Kota Bandung.

Warga di area sekitar terlihat fokus menyaksikan proses pemadaman api oleh petugas Damkar, bahkan tak sedikit yang sengaja mengabadikan momen si jago merah yang dijinakkan oleh Diskar PB Kota Bandung.

Petugas Damkar sibuk hilir mudik berupaya padamkan amukan si jago merah. Kepulan asap yang begitu pekat sempat membatasi pandangan mata.

Seiring berjibakunya petugas Damkar dalam proses pemadaman api, asap pekat pun mulai menipis dan abu dari serpihan bangunan terlihat beterbangan bersama kebulan asap.

“Kita menerjunkan dua pancar dan dua truk tanker untuk pemadaman si jago merah. Untuk sementara penyebab kebakaran belum bisa dipastikan,” terangnya.

Yusif mengaku, dalam proses pemadaman api hingga pendinginan, pihaknya tak mengalami kendala.

Meski diakuinya, akses menuju lokasi tidak terlalu besar, namun ruas jalan yang lebarnya pas dengan ukuran armada Damkar, membuat proses pemadaman api tergolong lancar.

“Petugas yang diterjunkan ada beberapa regu. Sekitar 20 regu hari ini diterjunkan, karena sebagian harus bantu backup ke Menger supproting UPT Selatan,” imbuhnya.

Dijelaskan Yusuf, kondisi bangunan yang dilalap si jago merah merupakan rumah kosong alias tak berpenghuni, sehingga dalam peristiwa tersebut dipastikan tidak ada korban jiwa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan