Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Menjadi Sehat Lembut Seharian!

JABAR EKSPRES – Rambut kering dan rusak dapat menjadi masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang. Namun ada cara untuk mengatasi rambut kering dan rusak menjadi sehat lembut seharian.

Faktor yang bisa membuat rambut rusak seperti, paparan sinar matahari, penggunaan alat styling panas, pewarnaan rambut, dan penggunaan produk kimia yang berlebihan dapat merusak kutikula rambut dan mengurangi kelembapan alami rambut.

BACA JUGA : Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Tanpa Merusak Rambut, Wajib di Coba!

BACA JUGA : Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Alami, Tanpa Bahan Kimia!

Namun, ada beberapa cara mengatasi rambut kering dan rusak yang dapat kamu lakukan untuk  mengembalikan keindahan dan kesehatannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Hindari penggunaan alat styling panas

Alat seperti catokan, hair dryer, dan curling iron dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Hindari penggunaan alat-alat ini sesering mungkin dan biarkan rambut kamu kering secara alami jika memungkinkan.

Jika kamu perlu menggunakan alat styling panas, pastikan untuk menggunakan perlindungan panas seperti semprotan atau krim pelindung panas sebelumnya.

2. Gunakan sampo yang lembut dan bebas sulfat

Sulfat adalah bahan kimia yang umum ditemukan dalam sampo komersial yang dapat mengeringkan rambut. Pilihlah sampo yang lembut dan bebas sulfat untuk membersihkan rambut.

BACA JUGA : Tips Pakai Bulu Mata Palsu Tanpa Lem dengan Mudah dan Aman

Sampo dengan kandungan bahan alami seperti aloe vera, lidah buaya, atau minyak argan juga dapat membantu melembapkan rambut.

3. Kondisioner dan masker rambut

Penggunaan kondisioner setelah keramas sangat penting untuk menjaga kelembapan rambut. Pilihlah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan aplikasikan secara merata dari akar hingga ujung rambut.

Selain itu, lakukan masker rambut seminggu sekali untuk memberikan perawatan tambahan dan memulihkan kelembapan rambut yang hilang. Masker rambut dapat terdiri dari bahan alami seperti alpukat, minyak kelapa, atau madu.

4. Hindari penggunaan produk kimia berlebihan

Pewarna rambut, bahan pengeriting, dan bahan kimia lainnya dapat merusak rambut jika digunakan secara berlebihan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan