BPJS Kesehatan Lakukan Evaluasi Spot Check Pelayanan Rumah Sakit di Kota Bandung

Jabarekspres.com – Pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan aspek yang sangat penting dalam penyelenggaraan program JKN. Untuk memastikan pelayanan kepada peserta JKN berjalan optimal, BPJS Kesehatan telah melaksanakan spot check terhadap rumah sakit di Kota Bandung pada 19-21 Desember 2022 lalu.

Untuk menyampaikan umpan balik hasil pelaksanaan spot check tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Bandung menggelar pertemuan koordinasi dengan 47 FKRTL Kota Bandung, pada Rabu (24/5).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra fasilitas kesehatan atas pelayanan yang telah diberikan kepada peserta JKN. Adapun pelaksanaan spot check di fasilitas kesehatan ini kami lakukan untuk peningkatan kualitas dan mutu pelayanan, agar semakin lebih baik lagi kedepannya,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Muhammad Fakhriza.

Baca Juga: Terdaftar Peserta JKN, Pelayanan Cuci Darah yang Diterima Lela Sangat Memuaskan

Fakhriza menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan spot check lalu, ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Ia menuturkan, BPJS Kesehatan terus berupaya megembangkan berbagai inovasi untuk kemudahan akses pelayanan bagi peserta JKN. Sehingga melalui spot check ini, pihaknya ingin memastikan secara langsung inovasi layanan tersebut telah terimplementasi secara optimal diseluruh mitra fasilitas kesehatan.

“Salah satu komponen penting dalam pantauan kami yakni kemudahan akses pelayanan bagi peserta JKN dengan menggunakan KTP atau NIK. Kami ingin memastikan bahwa mitra fasilitas kesehatan sudah tidak lagi meminta berkas fotokopi kepada peserta.

Termasuk juga memastikan tidak adanya penumpukan pasien di ruang administrasi pendaftaran, poliklinik, hingga farmasi. Kami lihat hasil spot check tahun 2022 lalu sudah baik. Walau demikian, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan,” jelasnya.

Fakhriza mengatakan, penyampaian hasil spot check tersebut bukanlah sebuah ajang memperlihatkan kekurangan mitra fasilitas kesehatan, namun tujuannya lebih kepada untuk peningkatan mutu pelayanan yang lebih prima kedepannya.

Sehingga pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN sesuai dengan komitmen yang telah tertuang dalam Perjanjian.

“Kami akan kembali melakukan spot check di tahun 2023 ini terhadap seluruh mitra FKRTL se-Kota Bandung. Semoga hasilnya nanti, pelayanan kepada peserta JKN lebih baik lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan