20 Mei Harusnya Libur? Cek Faktanya di Sini!

JABAR EKSPRES — Apakah besok tanggal 20 Mei 2023 hari libur nasional? Temukan faktanya dalam artikel ini!

20 Mei bukan hari libur nasional. Namun, 20 Mei 2023 merupakan Hari Kebangkitan Nasional.

Setiap tanggal 20 Mei, Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Melansir dari halaman Museum Pendidikan Nasional (Mupenas), hari ini merupakan hari di saat masyarakat Indonesia mulai memiliki nasionalisme.

Hari Kebangkitan Nasional ini muncul karena lahirnya sebuah organisasi bernama Budi Utomo di tahun 1908 lalu.

Organisasi ini terdiri atas pemuda seperti Soetomo, Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo, dan masih banyak lagi anggota lainnya.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Sebenarnya, Hari Kebangkitan Nasional ini timbulnya didorong oleh dua hal, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal (dari dalam) yakni perasaan sama-sama terjajah atau penderitaan yang sama, yang kemudian muncullah keinginan untuk melawan.

Sedangkan, untuk faktor eksternalnya, satu di antaranya ialah karena munculnya pemahaman-pemahaman baru seperti liberalisme, nasionalisme, dan sosialisme di Eropa dan Amerika.

Selain karena paham baru, banyak negara Asia yang memulai gerakan kebangkitan nasional yang membantu menyadarkan Indonesia untuk melawan bangsa barat.

Apakah 20 Mei Termasuk Hari Libur Nasional?

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini sudah mulai diperingati sejak tahun 1959. Akan tetapi, Hari Kebangkitan Nasional ini merupakan hari penting nasional yang bukan merupakan hari libur.

Pasalnya, penetapan mengenai hari peringatan ini sudah terdapat dalam Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959, pada tanggal 16 Desember 1959.

Selain itu, menurut Surat Keputusan Bersama 3 Menteri, tanggal 20 Mei tidak termasuk dalam hari libur nasional dan tanggal merah.

Untuk itu, kita yang meneruskan perjuangan para pahlawan zaman dahulu harus lebih semangat dalam memajukan bangsa.

Terutama di peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini. Peringatan hari bersejarah ini bisa kamu isi dengan beragam kegiatan positif, seperti misalnya melakukan upacara.

Biasanya, sekolah-sekolah hingga instansi pemerintah menggelar upacara bendera di peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan