Doa Berlindung dari Rasa Malas, Kaum Rebahan Simak ini

JABAR EKSPRES – Kaum rebahan merupakan istilah anak milenial yang menggambarkan sosok manusia malas yang hobinya hanya tiduran. Agar bisa terhindar, berikut ada doa untuk berlindung dari rasa malas.

Dengan membaca doa ini diharapkan rasa malas akan hilang dan kembali bersemangat untuk menjadi manusia produktif yang bisa menghasilkan karya.

Rasa malas merupakan sifat yang dimiliki oleh setan, sehingga setan senantiasa memperngaruhi dan mengajak manusia untuk mengikutinya bermalas-malasan.

Sifat malas cenderung dimiliki manusia yang tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah.

Hal ini karena dia tidak memanfaatkan nikmat yang Allah berikan secara maksimal, untuk memenuhi kebutuhannya.

Dia diberikan tubuh yang sehat, anggota tubuh yang lengkap, akal dan pikiran sehat, namun hanya digunakan untuk bermalas-malasan.

Padahal bila bisa produktif dan mencoba dieksplore lagi, maka seluruh tubuh akan menjadi bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Berikut Tuntunan dari Rosulullah SAW berupa doa untuk berlindung dari rasa malas, seperi yang menjadi ajakan setan.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ‘ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan utang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353).

Senantiasa baca doa ini setiap kali diri merasa malas melakukan sesuatu. Atau saat tergoda untuk rebahan sambil scroll media sosial di HP.

Meski tidak terlihat bermalas-malasan, bermain media sosial memang sangat menyenangkan dan tidak pernah timbul rasa bosan.

Namun tanpa kita sadari, aktifitas tersebut bisa berlangsung hingga berjam-jam dan bisa sampai lupa waktu. Bahkan kadang ada pekerjaan yang harusnya dilakukan malah terabaikan.

Belum lagi efeknya untuk tubuh yang tidak bergerak selama berjam-jam akan berpengaruh pada kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan