Doa Menghilangkan Rasa Takut, Cemas dan Khawatir

JABAR EKSPRES – Manusia selalu diliputi oleh rasa cemas, ketakutan dan kekhawatiran. Namun NAbi Muhammad sudah memberikan tuntunan berupa doa untuk menghilangkan takut cemas dan khawatir yang belebihan..

Pada dasarnya manusia hanya boleh takut pada murka Allah, karena semua diatas bumi ini tunduk pada Allah, sehingga satu-satunya yang boleh ditakuti oleh manusia hanyalah Allah SWT.

Meski begitu, manusia tetap saja memiliki rasa takut, baik pada masa depan yang belum jelas, pada mahluk Allah lain yang tak terlihat, atau bahkan pada manusia lain yang dianggapnya menakutkan.

Untuk menghilangkan rasa takut tersebut, ada sebuah doa yang diajarkan oleh Rosulullah agar hati menjadi tenang dan tidak diliputi ketakutan.

Allah SWT telah berfirman dalam Quran surat Ar-Ra’d ayat 28 sebagai berikut

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب

Artinya:
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenang dengan mengingat Allah, ketahuilah dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.”

Dari ayat tersebut, bisa diketahui, bagi orang-orang yang beriman, cara menghilangkan rasa takut sangat sederhana yakni hanya dengan mengingat Allah.

Caranya adalah dengan memperbanyak dzikir dan doa, diantaranya doa untuk menghilangkan rasa takut seperti yang dilansir dari berbagai sumber, :

1. Doa Menghilang Rasa Takut dan Cemas

اَللّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِىنُحُورِهِمْ وَنَعُوذُبِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ

allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim.

Artinya :

“Ya Allah kami jadikan Engkau di depan mereka, dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka.” (HR. Abu Dawud)

Setelah rasa takut berkurang, maka dilanjutkan membaca doa untuk meminta perlindungan pada Allah SWT sebagai satu-satunya penolong manusia. Berikut doanya :

2. Doa Meminta Perlindungan Allah SWT

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ

Artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari murka Allah, adzab-Nya, kejahatan makhluk-Nya, dan dari godaan syetan-syetan yang datang.”

Selain doa tersebut, juga bisa membaca doa dibawah ini :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Wa iza sa’alaka ‘ibadi ‘anni fa inni qarib, ujibu da’watad-da’i iza da’ani falyastajibu li walyu’minu bi la’allahum yarsyudun

Artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah:186)

Tinggalkan Balasan