Update! Polri Klaim Arus Balik Lebaran 2023 Terkendali

Jabar Ekspres – Korlantas Polri mengklaim jika arus balik pada momen Idul Fitri 2023 tergolong lancar alias tak menimbulkan kemacetan panjang.

Menurut Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, berdasarkan pantauan di lapangan, arus balik dinilai terkendali.

“Secara umum situasi arus lalu lintas terutama yang menuju ke arah Jakarta ini cukup terkendali lancar,” kata Aan di Pos Pam Cileunyi, Selasa (25/4).

Dia menjelaskan, pantauan lalu lintas pada arus balik itu, dilakukannya menggunakan sepeda motor dari wilayah Cirebon.

Kendati dinilai lancar, Aan menjelaskan, untuk penumpukan pemudik pada liburan lebaran tahun ini, terpantau terjadi di sejumlah rest area sekitaran tol.

Menurutnya, jika penumpukan kendaraan yang terjadi di rest area hanya sebatas untuk istirahat. Sehingga, pihaknya saat ini pun sudah mulai menurunkan petugas di sekitar rest area untuk mengantisipasi penumpukan.

“Rest area akan menjadi perhatian kita, karena biasanya pemudik akan melaksanakan makan siang. Namun untuk anggota sudah siap untuk melayani masyarakat untuk mengelola rest area sehingga tidak menjadi penumpukan nantinya,” tukas Aan.

Pantauan Jabar Ekspres di ruas jalur arteri, Jalan Raya Cileunyi-Bandung serta di area gerbang keluar tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, terlihat kondisi lalu lintas ramai lancar.

Bahkan untuk di akses gerbang keluar tol Cileunyi menuju arah Bandung dan Kabupaten Sumedang, terpantau tak banyak kendaraan roda empat yang melintas.

Hal itu juga terlihat untuk akses di jalur arteri Jalan Raya Cileunyi-Bandung, kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan roda dua.

Sementara itu, seorang pengendara asal Jakarta, Indra,30, mengatakan, perjalanannya dari Garut tergolong lancar.

“Alhamdulillah gak ada halangan. Tadinya kebayang bakal macet di Nagreg tapi untungnya enggak,” ucap Indra saat ditemui di jalur arteri Jalan Raya Cileunyi-Bandung.

Menurutnya, libur lebaran tahun ini lebih menyenangkan, sebab tak perlu mengalami hiruk-pikuk kemacetan panjang di perjalanan.

“Lebih nyaman lancar begini. Kalau macet panjang sampai stak diem gitu, lumayan makan waktu dan boros bensin, mesin jadi panas juga,” ujar Indra.

“Saya harap buat libur lebaran tahun berikutnya bisa tetep terkendali, artinya lancar jangan ada macet di satu titik yang panjang berjam-jam,” tutupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan