Niat dan Panduan Sholat Idul Fitri Beserta Arab, Latin dan Artinya

JABAR EKSPRES – Jangan sampai lupa! Berikut ini adalah niat dan panduan sholat idul fitri beserta arab, latin dan artinya. Baca sampai habis.

Sholat Idul Fitri, juga dikenal sebagai Sholat Hari Raya atau Sholat Eid, adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia untuk merayakan berakhirnya bulan Ramadan.

Sholat Idul Fitri dilakukan pada pagi hari setelah bulan Ramadan berakhir dan biasanya dilakukan di masjid atau lapangan terbuka dengan diikuti oleh banyak jamaah. Berikut adalah niat dan panduan sholat Idul Fitri dengan teks Arab, Latin, dan artinya:

Berikut bacaan niat sholat Idul Fitri yang dilafalkan oleh imam.

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li idil fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta’ala.

Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam karena Allah taala.

Panduan Sholat Idul Fitri

Setelah membaca niat dan takbiratul ihram sebanyak tujuh kali, kemudian dilanjut dengan tata cara berikut ini.

  1. Takbiratul Ihram

Setelah berdiri dengan khusyuk, menghadap kiblat, dan berniat, bacalah takbiratul ihram dengan mengangkat tangan sejajar dengan bahu dan ucapkan “Allahu Akbar” yang artinya “Allah Maha Besar”. Setelah itu, turunkan tangan ke samping badan dan membaca doa iftitah.

  1. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Tambahan Setelah takbiratul ihram

bacalah Surat Al-Fatihah seperti biasa. Kemudian bisa melanjutkan dengan membaca surat tambahan, seperti Surat Al-A’la atau Surat Al-Ghashiyah.

  1. Ruku dan Sujud Setelah membaca surat

Lakukan gerakan ruku’ dengan mengucapkan “Subhanallah” t anpa 3 kali (Maha Suci Allah) sambil membungkukkan badan. Posisi ruku’ haruslah dalam keadaan stabil, dengan tangan menempel di lutut dan punggung yang rata. Setelah itu, bangkit dari ruku’ sambil mengucapkan “Sami’allahu liman hamidah” (Allah Maha Mendengar bagi orang yang memuji-Nya).

Baca Juga: 19 Daftar Game Penghasil Uang Aman OJK Langsung Cair ke E-wallet, Anti Ribet!

Kemudian, lanjutkan dengan sujud dengan mengucapkan “Allahu Akbar” dan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung jari kaki pada lantai. Sujud haruslah dalam posisi yang rendah dan stabil, sambil mengucapkan “Subhanallah” 3 kali (Maha Suci Allah). Setelah itu, bangkit dari sujud dan kembali ke posisi duduk dengan duduk di antara dua sujud yang disebut dengan tasyahud.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan