Libur Lebaran, KBB Kebanjiran Wisatawan

JABAR EKSPRES – Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada liburan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kunjungan wisatawan di KBB selama libur lebaran tercatat 185.229 orang. Data tersebut mengacu dari hasil penghitungan random sampling 12 objek wisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB.

Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif menyebut, kawasan Bandung Utara yakni Lembang, mendominasi atau paling banyak dikunjungi wisatawan.

“Dari jumlah itu puncak kunjungan terjadi pada tanggal 13 April atau H+3 Idul Fitri yang mencapai 38.062 wisatawan,” katanya di Ngamprah, Rabu (17/4).

Menurutnya, tingginya tingkat kunjungan wisatawan ini berdampak langsung pada padatnya arus lalu lintas, sehingga terjadi kemacetan hampir di seluruh ruas jalan yang ada di sekitar kawasan wisata.

BACA JUGA: Arus Balik di Terminal Cicaheum Tak Seramai Dulu, Tak Lebih dari 1000 Penumpang

Ia menambahkan, tingginya tingkat kunjungan wisatawan ini juga akan berdampak pada meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi masuk objek wisata serta pajak hotel dan restoran yang tingkat akupansinya bisa mencapai 94 persen.

Pasalnya, tidak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk sekedar menginap, makan dan minum sambil menikmati suasana alam KBB.

“Meningkatnya PAD juga akan digunakan untuk pembangunan dan dapat dirasakan oleh masyarakat dalam jangka panjang untuk menopang meningkatnya roda perekonomian masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Kepala Disbudpar KBB, Panji menambahkan, jumlah wisatawan yang tercatat tersebut hanya di destinasi-destinasi wisata besar.

“185.229 wisatawan itu hasil perhitungan dari 12 objek wisata, belum yang lainnya. Artinya libur lebaran kali ini ada peningkatan yang signifikan,” katanya.

Menurut Panji, jumlah wisatawan akan makin tinggi bila penghitungan random sampling juga dilakukan secara merata di tempat-tempat wisata yang ada di KBB.

“Jika kita hitung keseluruhan, angkanya akan lebih besar. Artinya, Bandung Barat sangat layak dan baik digunakan masyarakat untuk mengisi waktu libur mereka,” tandasnya. (Wit)

BACA JUGA: Waspada Praktik Getok Tarif Parkir di KBB, Tanya Dulu Sebelum Parkir!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan