Rayakan Lebaran 21 April 2023, PD Muhammadiyah Cimahi dan KBB Akan Laksanakan Salat Idul Fitri Jumat Besok

JABAR EKSPRES – Berdasarkan metode penghitungan hisab wujudul hilal, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri, Lebaran 2023 jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Untuk itu, dalam menyambut momen bahagia tersebut, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat telah menentukan lokasi penyelenggaraan salat Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Pada Lebaran 2023 tahun ini, PD Muhammadiyah akan menggelar salat Idul Fitri 1444 H di Lapangan Rajawali, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi.

BACA JUGA: Lebaran 2023 Tanggal Berapa? Begini Penjelasan Kemenag dan PP Muhammadiyah

“Setelah kami berjuang mencari lapang (untuk Salat Idulfitri) karena alot dan mendadak, dari selatan, utara, dan tengah, itu dipusatkan di Lapangan Rajawali,” Ketua Umum PD Muhammadiyah Kota Cimahi, Mochammad Abu Darin saat dihubungi pada Rabu, 19 April 2023.

Abu Darin memastikan pihaknya sudah mendapatkan izin untuk menggunakan Lapangan Rajawali sebagai tempat penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023.

“Awalnya ada informasi nggak diizinkan, tapi setelah saya koordinasi dan komunikasi langsung dengan pihak TNI/Polri, mereka sangat menyambut baik dan mengizinkan penggunaan lapangannya,” ucap Abu Darin.

Ia mengatakan pada momen Idulfitri, jemaah yang akan mengikuti salat berjamaah diprediksi lebih sedikit ketimbang saat Salat Iduladha.

“Kalau Idulfitri kan banyak yang mudik, kemudian kita izinkan salat di tempat tinggal masing-masing. Kalau terpusatnya di Lapangan Rajawali kemungkinan nanti sekitar 4 ribu jemaah yang akan datang, kalau Iduladha kan bisa sampai 6 ribu jemaah,” kata Abu Darin.

Sementara itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaah Muhammadiyah dalam melaksanakan Salat Idulfitri pada Jumat besok pihak kepolisian pun siap menjaga prosesi ibadah tersebut.

“Kami sudah menerima surat dari Muhammadiyah soal pelaksanaan Salat Idulfitri. Kami sudah perintahkan personel untuk melaksanakan skema pengamanannya,” ucap Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono.

Selain di Lapangan Rajawali, beberapa masjid di Kota Cimahi pun akan menggelar Salat Idulfitri pada 21 April esok, yang salah satunya di Masjid Sabiilul Mutaqin di Kompleks PPTM, Cibabat Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan