Doa Naik Kendaraan Saat Mudik Lebaran 2023, Kendaraan Darat, Laut, dan Udara

JABAR EKSPRES- Di agama Islam diajarkan agar umat selalu mengingat tuhan dan berdoa pada saat akan dan sesudah melakukan sesuatu, salah satunya saat menaiki kendaraan. Berikut ini merupakan doa mudik naik kendaraan mobil, motor, pesawat, dan kapal laut.

Mudik atau istilah lainnya adalah pulang kampung merupakan budaya yang tidak bisa dilepaskan pada saat hari raya.

Dimana orang-orang yang sedang merantau di kota lain, entah itu dengan alasan kerja, kuliah, dsb akan pulang ke kampung masing-masing untuk berkumpul dengan keluarga di hari raya.

Puncak Mudik lebaran 2023 ini diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 18-20 April 2023.

Nah, berbagai kendaraan yang dipilih para pemudik. Entah itu kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau dengan kendaraan umum seperti bus, kereta, pesawat, atau kapal laut.

Nah, agar selamat sampai tujuan dan agar dilindungi dari berbagai macam bahaya di jalanan, diharapkan umat muslim untuk berdoa agar dilancarkan kegiatan mudiknya.

Ada doa yang bisa dibacakan ketika naik kendaraan saat mudik lebaran 2023 agar dilindungi oleh Allah SWT saat diperjalanan.

Adapun doa yang bisa dibacakan adalah:

 

Doa Menaiki Mobil atau Motor Saat Mudik 2023

Alhamdulillahil ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunna lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya,

“Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali.”

 

Doa Menaiki Pesawat

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya,

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhoi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan