Ada Ucapan Idul Fitri 2023 yang Benar Sesuai Sunnah? Ini Penjelasannya

JABAR EKSPRES- Atas rasa syukur yang dirasakan umat muslim saat hari raya Idul Fitri, umat musim akan mengucapkan ucapan selamat Idul Fitri, Nah pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana ucapan selamat hari raya idul fitri 2023 yang benar sesuai sunnah.

Ucapan hari raya Idul Fitri biasanya diucapkan saat mendekati hari raya (malam takbiran) hingga pada hari H saat hari Raya.

Biasanya ucapan selamat Idul Fitri ini diucapkan kepada sesama umat muslim, entah itu kepada keluarga, saudara, kerabat, hingga tetangga.

Apalagi saat ini merupakan zaman digital dan media sosial, dimana banyak sekali orang yang membuat status atau mengirimkan pesan lewat sosial media.

Mengucapkan selamat idul fitri juga hukumnya mubah (boleh), hal ini dikutip dari laman resmi NU Online, Syekh Jalaluddin As-Suyuthi menyebutkan bahwa mengucapkan “Selamat Idul Fitri” merupakan hal yang mubah (boleh).

Dalam artian, orany yang mengucapkan tidak akan mendapatkan pahala dan orang yang tidak mengucapkan hal tersebut tidak akan berdosa.

“Al-Qamuli dalam Al-Jawahir mengatakan, ‘Aku tidak menemukan banyak pendapat kawan-kawan dari Madzhab Syafi’i ini perihal ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, ucapan selamat pergantian tahun dan pergantian bulan seperti yang dilakukan oleh banyak orang sekarang. Hanya saja aku dapat riwayat yang dikutip dari Syekh Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri bahwa Al-Hafizh Abul Hasan Al-Maqdisi pernah ditanya perihal ucapan selamat bulan baru atau selamat tahun baru. Apakah hukumnya bid’ah atau tidak? Ia menjawab, banyak orang selalu berbeda pandangan masalah ini. Tetapi bagi saya, ucapan selamat seperti itu mubah, bukan sunnah dan juga bukan bid’ah.’ Pendapat ini dikutip tanpa penambahan keterangan oleh Syaraf Al-Ghazi dalam Syarhul Minhaj.”

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Yang Benar Sesuai Sunnah

Lalu bagaimana ucapan selamat hari raya idul fitri 2023 yang benar sesuai sunnah? Untuk mengetahuinya simaklah penjelasannya di bawah ini.

Nah, untuk diketahui bahwasannya tak ada sunnah dalam mengucapkan selamat Idul Fitri. Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Al-Hawi Lil Fatawi diatas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan