Mudik 2023: Puluhan Ribu Personel dan Ratusan Pos Pengamanan Disiapkan Polda Jabar

JABAR EKSPRES  – Sebanyak 27.537 personel atau petugas gabungan baik TNI, Polri, dan Instansi lainnya, disiagakan Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) untuk melakukan pengamanan dan pemantauan arus Mudik 2023.

Selain puluhan ribu personel, Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus mengatakan bahwa pihaknya juga menyediakan 328 pos yang terdiri dari 222 pos pengamanan, 26 pos terpadu, dan 80 pos pelayanan.

“Dalam kesempatan ini, kami juga mengimbau kepada seluruh pemudik untuk memanfaatkan pos-pos tersebut,  untuk istirahat jika merasa lelah. Jangan paksakan mengemudi karena keluarga menunggu di rumah,” ucapannya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Senin 17 April 2023.

Baca Juga: Banyak Tempat Wisata Baru di Kabupaten Bogor, Kunjungan Liburan Lebaran Diprediksi Bakal Naik – jabarekspres.com

Akhmad juga menjelaskan, sampai saat ini situasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di momentum mudik tahun ini relatif kondusif.

“Perlu disampaikan juga bahwa situasi Kamtibmas sebelum pelaksanaan operasi ketupat Lodaya 2023, relatif kondusif, tidak ada kasus yang menonjol,” ujarnya

Bahkan dua hari sebelumnya, polda Jabar menurut dia sudah melaksanakan pengamanan arus mudik di sejumlah ruas jalur.

“Khusus Polda Jabar, dua hari sebelum operasi ketupat ini sudah digelar, anggota sekitar 216 personel untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pasca libur sekolah kemarin,” ungkapnya

Maka dari itu, Akhmad meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengetahui informasi dan kebijakan yang berlaku selama arus mudik 2023 ini.

“Mari kita bekerja sama, masyarakat harus mengetahui informasi terkini terkait dengan situasi jalur mudik baik di jalan arteri, Japek, Cipali, dan syukur Alhamdulillah Cisumdawu sudah bisa operasional walaupun hanya sampai pukul 15.00 WIB,” imbuhnya

“Jadi ?ohon dukungan dan partisipasinya, mudah-mudahan pelaksanaan operasi ketupat Lodaya 2023 berjalan aman dan lancar,” tutupnya. (San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan