Mudik 2023: 1629 Personil Gabungan Dikerahkan dalam Operasi Ketupat Lodaya di Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Sebanyak 1629 personil dikerahkan dalam Apel Serah Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Gedung Dome Bale Rame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dari 1629 personil yang dikerahkan terdiri dari 955 personil Polresta Bandung, TNI 115, Satpol PP 100, dan sisanya dari Dinas Perhubungan (Dishub), Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan mitra Polri lainnya.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah yang banyak membantu terselenggaranya operasi ketupat ini dan juga dari ketua DPRD dan Kodim, saya mohon turut doa kepada semua masyarakat agar mudik dan balik tahun 2023 ini aman tertib lancar dan berkesan,” ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo saat ditemui, Senin 17 April 2023.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik 2023: Polresta Bandung dan Dishub Lakukan Ramp Check – jabarekspres.com

Selain itu Kusworo pun menyebut jika saat ini Jalur mudik di beberapa titik belum ada kemacetan, bahkan dari informasi yang didapat dari Jasa Marga hanya ada peningkatan sekitar 2 sampai 3 persen.

“Kami melihat dari kemarin tanggal 16 April 2023 dibanding sebelumnya tanggal 15 April ada peningkatan 2 persen namun belum ada kepadatan,” lanjutnya.

Kusworo pun melihat jika saat ini di antrian pintu Gate Tol Cileunyi baru sebatas dua sampai tiga kendaraan. Sedangkan di Nagreg sendiri belum ada antrian panjang.

“Kami melihat di CCTV bahwa di Limbangan Garut juga masih lancar, karena kemacetan di Nagreg itu bersumber dari kepala kemacetan di Limbangan dan mengekor ke Nagreg,” jelasnya.

Selain itu Kusworo mengimbau kepada masyarakat agar selalu dalam kondisi prima, baik itu untuk dirinya ataupun kendaraannya mengingat cuaca saat ini tidak menentu.

“Musim hujan wiper harus mampu membersihkan air dari pandangan, kemudian pengemudi nya harus dalam kondisi prima, pastikan rumah aman ditinggal dalam keadaan mudik, etoll ini mohon dipastikan saldonya cukup agar tidak membuat macet berkepanjangan,” jelasnya

Pihaknya pun sudah menginformasikan kepada Babinkabtinmas agar selalu menjaga rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

“Silahkan melapor kepada polsek setempat jika akan pergi mudik, nanti personil kita akan berjaga selama 24 jam,” ungkapnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan