Mudik Lebaran 2023, Bandung Menuju Jakarta Masih Bisa Pakai Tol, ini Kata Jasa Marga

JABAR EKSPRES – PT Jasa Marga mengungkapkan pada saat arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 nanti, kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta masih bisa melalui jalan Tol.

Senior General Manager Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, bahwa skema penguraian kendaraan dengan cara one way atau satu jalur masih dilihat dari kondisi di lapangan.

“Kalau untuk one way, dimulai dari Gerbang Tol Cikatama sampai Kalikangkung. Jadi berfungsinya situasional tergantung kepadatan lalulintas,” ucapnya di Bandung, Selasa  11 April 2023.

Untuk Contra Flow sendiri, Nursejati mengatakan bahwa kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dilakukan mulai dari kilometer (Km) 66 Dawuan sampai Km 47.

“Jadi itu ada Contra Flow, karena one way dari Cikatama jadi pengguna jalan. Sehingga, dari wilayah Bandung bisa menuju Jakarta. Jadi dua lajur masih bisa difungsikan sampai dengan 3 lajur. Tapi itu juga situasional kapan dibuka one way dan contra flownya,” ujarnya

Nursejati mengungkapkan  untuk puncak arus Mudik, diprediksi bakal terjadi pada tanggal 19 April 2023.

Sedangkan untuk ruas tol Cipularang, bakal diprediksi terjadi dua titik yakni Kalihurip Utama arah Bandung dan Cileunyi arah keluar.

Maka dengan adanya hal tersebut, Nursejati mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan hingga menyiagakan para petugas di lapangan.

“Untuk kesiapan lajur lalulintas kami sudah jaga kondisi jalan prima untuk dapat dilalui pengguna jalan, sementara di gerbang tol, kami juga siapkan petugas untuk menambah kapasitas transaksi pada gerbang padat seperti kalihurip utama, Cileunyi, atau pasteur,” ucapnya

Selain itu petugas layanan hingga alat berat juga, kata dia sudah mulai disiagakan oleh pihaknya. “Kemudian ada petugas layanan yang siag, itu mulai dari derek, dan alat-alat berat juga sudah kami siagakan. Jadi bila mana terjadi hambatan lalulintas, itu bisa segera ditangani dengan cepat,” imbuhnya

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan