Mau HP Android Tetap Terasa Ringan? Lakukan 4 Tips Ini

Mulailah membersihkan dengan memeriksa folder Unduhan. Pengguna dapat menyortir dan menghapus file yang tidak terpakai atau tidak di inginkan.

Jika Anda tidak yakin untuk menghapusnya, memindahkannya ke Google Drive mungkin juga merupakan opsi yang tepat. Selain itu, pengguna juga harus memeriksa folder media dari beberapa aplikasi, seperti gambar dan video WhatsApp.

Kedua folder ini mungkin tidak lagi berisi media penting, seperti foto atau video yang diunggah. Meskipun file tersebut tidak disimpan di galeri, namun tetap di simpan di penyimpanan WhatsApp, sehingga memperbesar ukuran aplikasi.

3. Sesuaikan pengaturan layar beranda ilustratif

Salah satu keuntungan bagi pengguna hp Android adalah kemampuan untuk menyesuaikan tampilan smartphone secara umum, baik dengan mengubah pengaturan maupun melalui launcher.

Meskipun Launcher dapat mempermudah penyesuaian tampilan ponsel Anda, mulailah dengan menjelajahi pengaturan layar beranda yang sudah tersedia. Ini dapat membuat ponsel Anda muncul sebagai perangkat baru.

Baca juga : Realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition Siap Rilis di Indonesia, Cek Jadwalnya

Pengguna dapat menekan lama area kosong di layar beranda dan mulai mengubah ukuran kisi aplikasi, tata letak, dan widget untuk membantu pengguna.

Meskipun mungkin tampak seperti penyesuaian kecil, perubahan ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan lebih nyaman.

4. Telusuri pengaturan telepon dan optimalkan layar

Selain menyesuaikan layar, perlu di perhatikan bahwa pengaturan hp Android dapat di-tweak untuk mencapai performa yang di harapkan.

Misalnya, mengaktifkan mode gelap menawarkan tampilan aplikasi yang lebih baik dan menghemat masa pakai baterai.

Setelah itu, pengguna juga dapat mengonfigurasi pengaturan privasi, terutama untuk fitur yang sedang tidak di gunakan. Anda dapat mengubahnya dengan membuka aplikasi Pengaturan dan memilih Privasi & Kontrol Akses.

Baca juga : Cara Bikin Ucapan Lebaran Pakai ChatGPT, Gratis tanpa Bayar

Telusuri setiap kategori untuk melihat aplikasi mana yang saat ini memiliki akses ke data pribadi pengguna. Jika Anda menemukan aplikasi yang dapat menggunakan lokasi Anda, lebih baik matikan aplikasi tersebut saat tidak di gunakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan