Cek Pengumuman Hasil SPAN PTKIN 2023! Kamu Lolos Atau Tidak?

JABAR EKSPRES- Bagi kamu yang merupakan pendaftar kampus Islam Negeri (PTKIN) lewat jalur SPAN PTKIN, berikut link pengumuman SPAN PTKIN 2023 dan cara melihat hasilnya.

Sebelum mengetahui hasil dari SPAN PTKIN, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu SPAN PTKIN. Untuk mengetahui pengertiannya simaklah pengertiannya di bawah ini.

SPAN PTKIN merupakan kepanjangan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Dengan kata lain SPAN PTKIN merupakan salah satu sistem atau pola penerimaan mahasiswa baru khusus yang mendaftar di perguruan tinggi keagamaan Islam dengan menggunakan jalur prestasi atau jalur undangan.

Pendaftaran SPAN PTKIN ini gratis dan pendaftar bisa mendaftar di kampus UIN, IAIN, STAIN, seluruh Indonesia.

Meskipun pendaftaran ini dikhususkan untuk PTKIN, tetapi sekolah manapun bisa mendaftar entah itu SMA atau SMK.

Nah, untuk diketahui bahwasannya SPAN PTKIN ini dibuka pendaftarannya pada tanggal 16 Februari hingga 4 Maret untuk siswa kelas 13 SMA/Sederajat.

Dan pengumuman SPAN PTKIN akan diumumkan hari ini tanggal 3 April 2023 yang mana akan mengetahui apakah siswa diterima atau tidaknya di PTKIN yang mereka daftarkan.

Sebagai informasi untuk jumlah pendaftar jalur SPAN PTKIN pada tahun 2023 ini jumlahnya tercatat sebanyak 204.433 peserta.

Jumlah ini melonjak dari tahun sebelumnya (tahun 2022) yang tercatat hanya ada 172.971 pendaftar.

Untuk para pendaftar SPAN PTKIN tahun 2023 didominasi oleh siswa-siswa dari MA (Madrasah Aliyah) dan disusul oleh siswa-siswa SMA dan SMK.

PTKIN dengan jumlah pendaftar terbanyak di SPAN PTKIN 2023

Ada beberapa PTKIN yang menjadi favorit para pendaftar, adapun PTKIN nya adalah:

  1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Yogyakarta ini menjadi PTKIN yang paling diminati oleh para pendaftar, pada tahun ini orang yang mendaftar di UIN Sunan Kalijaga ini tercatat sebanyak 31.931 pendaftar.

  1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya PTKIN yang banyak diminati oleh para siswa di SPAN PTKIN 2023 adalah UIN Jakarta. Tercatat ada 29.467 pendaftar.

  1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nomor urut ketiga PTKIN yang paling diminati di jalur SPAN PTKIN tahun 2023 adalah UIN Bandung dengan jumlah pendaftar sebanyak 28.960 pendaftar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan