Tahsin Alquran UPTQ UIN Bandung Tingkatkan Kualitas Ibadah

BANDUNG – Masjid Iqomah UIN Bandung memiliki beberapa agenda yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas ibadah selama Ramadan. Di antaranya belajal Alquran, kegiatan nuzulul quran, iktikaf, kultum setelah salat tarawih, hingga penyediaan takjil.

Lalu, tadarus Alquran dan salah satunya ada Tahsinul Quran  yang dilakukan oleh Unit Pengembangan Tilawatil Quran (UPTQ) UIN Bandung.

Pembina Tahsin UPTQ UIN Bandung Yaksan Fauzan mengatakan, untuk teknik pembelajaran difokuskan membaca Alquran. Dimulai dari surat Al Fatihah secara bersama-sama, setelah itu setiap mahasiswa minta membaca  Quran dengan memperhatikan pelafalan makharijul huruf masing-masing  satu ayat secara bergantian.

“Jadi, untuk teknis pembelajarannya sendiri kita fokusnya  membaca  di awali dari surat Alfatihah  secara bersama-sama. Nanti mahasiswa yang belum lancar membaca di satu ayat per ayat  sampai batas yang di tentukan,” kata Yaksan, kepada Jabar Ekspres, Selasa 28 Maret 2023.

Dia mengakui, dalam menjalankan kegiatan ini kurangnya antusiasme mahasiswa untuk mengikuti dan masih banyak yang kurang  menyadari betapa pentingnya mempelajari Alquran yang baik dan benar.

“Masih banyak yang belum menyadari bahwa mahasiswa itu seharusnya bisa memperhatikan koreksi membacanya dan betapa pentingnya mempelajari Alquran dengan baik dan benar,” paparnya.

Yaksan berharap, ke depannya bisa lebih banyak lagi mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut. Untuk rencana ke depan, ia melanjutkan, bahwa kegiatan ini akan diadakan di setiap fakultas sesuai dengan arahan manajemen kampus.

“Harapan ke depannya juga bagi siapapun saja yang mau belajar mengenai seni baca Alquran atau tahsinul quran atau mau saling memperbaiki dalam membaca Alquran, kami wadahi dan fasilitasi, supaya mengenalkan betapa pentingnya membaca Alquran yang baik dan benar minimalnya bagi mahasiswa UIN,” pungkasnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan