Galeri Rasulullah Suguhkan Kisah Perjalanan Rasul Lewat Media Digital

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan satu tempat baru, yang menghiasi komplek Masjid Raya Al Jabbar, Senin 27 Maret 2023. Galeri Rasulullah, merupakan tempat yang menceritakan kisah perjalanan rasul, yang dikemas kedalam media digital.

Ridwan Kamil menuturkan, Galeri Rasulullah merupakan satu dari keempat tempat yang berada di kawasan Masjid Raya Al Jabbar. Dalam upaya memfasilitasi dan memberikan pengetahuan tentang perkembangan islam di dunia.

“Jadi kawasan di Al Jabbar itu ada 4, satu masjidnya sendiri, kedua ada galeri Rasulullah dan galeri perkembangan islam dunia sampai ke Jawa Barat, kemudian ada kolam retensi untuk pengendali banjir, dan di kelilingi oleh taman” ujar Ridwan Kamil di pidato peresmian.

Kang Emil yang merupakan sapaan akbrabnya menjelaskan, Galeri yang memiliki luas 3000 meter persegi ini, semoga bisa memberikan sumber informasi terkait kisah perjalan Rasulullah kepada pengunjung, dan meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat.

“Galeri Rasulullah ini berisi tentang kisah perjalan rasul dalam menyebarkan agama islam,  hingga islam berkembang di seluruh dunia dan masuk ke nusantara. Ini tentunya sangat padat dan banyak informasi, yang di harapkan bisa memberikan pengetahuan bagi masyarakat” harapnya.

Dirinya berharap, lewat tempat ini semoga bisa menaikan kelas umat muslim di Jawa Barat. Dan meramaikan khasanah wisata religi di Indonesia.

“Semoga tempat ini menjadikan kita naik kelas sebagai umat muslim di Jawa Barat, dan mudah-mudahan ini meramaikan khasanah wisata religi yang memang menjadi kebanggan kita semua.

Terkait masyarakat yang akan berkunjung ke galeri ini, Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan Diskominfo Jabar, dalam upaya penyediaan tiket melalui aplikasi Sapa Warga.

“Seperti yang disampaikan tadi, mereka pesan melalui aplikasi sapa warga yang disediakan diskominfo. Nantinya pembayarannya via transfer, bisa melalui dana, atm, dan lain sebagainya. Dan setelah itu nantinya mendapatkan barcode untuk bisa masuk ke galeri,” ujar Benny Bachtiar.

 

Petugas Galeri Rasulullah Masjid Al Jabbar

 

Nantinya, galeri ini akan diberlakukan sistem kuota, yang setiap harinya hanya bisa melayani 120 pengunjung yang masuk kedalam 6 sesi, dengan waktu operasional hanya 5 hari, dari jam 1 hingga 5 sore. Hal ini terkait pemeliharaan, dalam menjaga fasilitas galeri Rasulullah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan