Cerita Pemilik Sepatu Lokal Bandung yang Mendunia, Omset Meroket Setelah Dipakai Para Menteri

JABAR EKSPRES – Produk sepatu asal Bandung bernama Blankenheim semakin meroket.

Usaha milik Beny Ramdany Sofara ini kian terkenal usai dipakai sejumlah pejabat Kementrian Indonesia.

Diceritakan Beny, ia mulai merintis usaha sepatu dengan merek Blankenheim itu pada 2013.

“Saya memang hobi produk kulit,” katanya Kepada Jabar Ekspres, Kamis, 23 Maret 2023.

Inspirasi Beny untuk memulai bisnis sepatu muncul saat dirinya kuliah di Belanda. Diceritakannya, saat berjalan di area pertokoan negeri Kincir Angin tersebut, ia mampir di sebuah toko sepatu dan mendapati sepatu dengan harga berkelas tapi ternyata produk buatan Indonesia.

Iapun kemudian tertarik memiliki produk sepatu sendiri dan bisa ikut meramaikan etalase penjualan di gerai luar negeri. Nama Blankenheim tersebut diambil dari salah satu nama jalan di Belanda.

“Blankenheim itu salah satu nama jalan di Belanda,” ujar Beny menceritakan asal usul mereknya.

Sepulangnya ke Tanah Air, Beny kemudian mencari dan merekrut sejumlah perajin sepatu Cibaduyut untuk memproduksi sepatunya. Ia mengakui bahwa kualitas sepatu perajin Cibaduyut tidak diragukan.

Namun Beny berupaya menghadirkan sepatu yang tidak biasa. Ia berusaha menampilkan sepatu Cibaduyut dengan sentuhan masa kini.

Untuk menghasilkan itu, Beny juga sampai memiliki tim reset. Tujuannya untuk menghadirkan produk sepatu masa kini yang pastinya digemari masyarakat.

Kini produk sepatu Beny juga mampu bersaing. Selain punya toko di Jalan Aria Jipang Kota Bandung, sepatu Beny juga telah mewarnai beberapa etalase penjualan ternama di Ibu Kota Jakarta.

Sebagaimana mimpi yang diharapkan, produk sepatu Beny juga mampu mewarnai pasar global.
Dikatakan Beny, produk miliknya itu telah sampai ke sejumlah negara.

“Pernah kirim ke Belanda, Jerman, Amerika Serikat, hingga Jepang,” cetusnya.

Dalam sebulan biasanya ada 200 – 250 sepatu handmade diproduksi. Omset penjualan Beny juga mampu tembus Rp 50 – 75 juta sebulan.

Beny menambahkan, penjualan sepatunya mulai meroket semenjak sejumlah Menteri Indonesia ikut menggunakan. Tercatat ada sejumlah tokoh penting telah memakai produk Blankenheim itu.

Mulai dari Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Tinggalkan Balasan