Jika Cicilan Pinjaman Online Kian Menggunung, Segera Lakukan 5 Hal Berikut!!

  1. Cermati Tingkat Bunga Pinjaman yang Diberikan

Langkah yang kedua, selalu cermati tingkat bunga yang diberikan oleh penyedia pinjaman online, termasuk yang legal sekalipun.

Agar beban cicilan menjadi lebih ringan dan meminimalkan risiko gagal bayar, pastikan untuk memilih layanan pinjaman yang menawarkan tingkat bunga paling rendah.

Meski begitu, tingkat bunga yang rendah umumnya selalu diikuti oleh pemberian limit pinjaman yang proporsional berdasarkan tenor serta kemampuan bayar nasabah.

Artinya, jika ingin mendapatkan layanan pinjaman dengan tingkat bunga yang kecil, kemungkinan besar Anda harus mengajukan pinjaman dengan nominal tak terlalu tinggi dan tenor yang singkat.

  1. Canangkan Prinsip Smart Spending

Tidak kalah pentingnya, agar mampu melunasi cicilan kredit online dengan teratur, Anda perlu memahami prinsip smart spending.

Bagaimana maksud dari prinsip tersebut? Secara umum, smart spending berarti Anda harus memanfaatkan layanan pinjaman dengan bijak, guna memenuhi kebutuhan esensial ataupun menunjang produktivitas saja.

Hindari mengajukan pinjaman online untuk sekadar memenuhi kebutuhan konsumtif atau jangka pendek karena hanya akan menjadi beban bagi keuangan.

Di sisi lain, ketahui kondisi keuangan dan berapa besar beban cicilan yang mampu dilunasi per bulannya. Agar keuangan tak berisiko berantakan.

Usahakan juga besaran cicilan dari seluruh utang dan kredit yang dimiliki tak melebihi 30 persen gaji bulanan.

  1. Cari Kerja Sampingan yang Menghasilkan

Jika sudah terlanjur mengajukan pinjaman melebihi kemampuan bayar dan kondisi keuangan saat ini tak mampu mengatasinya, salah satu solusi yang bisa dipilih adalah mencari penghasilan tambahan melalui kerja sampingan.

Tidak hanya kemudahan dalam mendapatkan layanan pinjaman berbasis digital, kemajuan teknologi juga membuka lebih banyak peluang kerja secara online.

Anda bisa mencoba untuk mengisi waktu luang dengan menjadi seorang freelancer ataupun mulai merintis bisnis online.

Dengan begitu, Anda akan memiliki penghasilan tambahan yang bisa dialokasikan untuk melunasi cicilan pinjaman dengan lebih lancar.

  1. Buat Komitmen untuk Lunasi Utang

Sebenarnya, komitmen untuk melunasi utang sudah seharusnya dimiliki sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit online.

Namun, entah karena durasi cicilan yang terlalu panjang atau alasan lainnya, komitmen untuk melunasinya kian hari kian memudar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan