Viral, Kades Emosi Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Rusak di Perbatasan

JABAR EKSPRES – Viral, kades emosi lantaran jalan penghubung desa rusak parah. Dalam video yang beredar, kepala desa (kades) itu memperlihatkan jalan yang dipenuhi batu dan berlumpur.

Dia pun meminta pemerintah segera memperbaiki jalan perbatasan Kabupaten Bandung menuju Garut dan Cianjur .

”Di kota bagus. Tapi kalau di pinggiran jalannya masih seperti ini. Kalau ini bisa diperbaiki oleh desa, saya akan perbaiki,” ujarnya dalam video viral kades emosi itu.

”Tapi ini adalah tugas pemerintah daerah yang memperbaikinya. Sejak Indonesia merdeka jalan ini belum pernah sama sekali di perbaiki,” imbuh Kades tersebut dalam videonya.

Diketahui, Kades yang ada dalam video tersebut adalah Kades Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, bernama Ismawanto Somantri.

Saat dikonfirmasi, Ismawanto mengakui jika memang yang ada dalam video dan menjadi viral itu adalah dirinya.

Bahkan, dia mengaku kerap membuat video yang memperlihatkan kondisi jalan rusak. Hal itu dilakukan agar diperhatikan oleh pemerintah.

Dia juga sengaja memberitahukan kondisi wilayah di pedesaan seperti apa dan bagaimana. Sebab, jalan tersebut merupakan akses yang dilalui masyarakat.

”Biar pemerintah itu tau kondisi wilayah di pedesaan sebenarnya itu seperti apa,” ucap Kades Ismanto, Selasa (21/3).

Merasa Dibohongi

Ismawanto mengaku merasa dibohongi. Sebab, setiap jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Umum (Pemilu) banyak yang datang dan berjanji akan memperbaki jalan rusak tersebut.

Namun, kenyataannya hingga saat ini tak ada perbaikan yang dijanjikan tersebut.

”Saat Pilkada atau Pemilu mereka turun kelapangan untuk suara masyarakat dan berjanji. Tapi setelah selesai acara, kok ditinggalkan begitu saja,” beber Kades Tenjolaya itu.

Dia mengatakan, apa yang dilakukannya bagian dari mengingatkan kepada orang-orang yang telah berjanji. ”Ya mungkin mereka lupa. Itung-itung saya mah hanya mengingatkan saja,” kata Kades tersebut.

Bahkan, dia mengaku sengaja memviralkan video-videonya, agar mendapat perhatian dari pemerintah. Sehingga, datang langsung ke lokasi.

”Ya paling tidak, ada perhatian, ada peninjauan langsung terhadap lokasi. Ini mah tidak ada sama sekali. Malah jika langsung meninjau dan langsung diperbaiki itu alhamdulillah terima kasih sekali,” harap sang Kades.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan