Manfaatkan Tradisi Ziarah Jelang Ramadan, Warga Sekitar TPU Cipageran Berjualan Bunga

JABAR EKSPRES – Sudah jadi tradisi, jelang Bulan Suci Ramadan, umat muslim membanjir Taman Pemakaman Umum (TPU) untuk berziarah kemakam keluarga.

Seperti yang terjadi di TPU Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, banyak warga melakukan ziarah kemakam keluarganya.

Tradisi ziarah jelang Ramadan itu pun dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berjualan bunga mawar dan air untuk keperluan para peziarah.

Salah seorang pedagang bunga dan air Evi,45, mengaku, sejak seminggu terakhir jelang Ramadan, ia menjadi pedagang bunga musiman dan air mawar di TPU Cipageran.

Alhamdulillah ramai sejak seminggu kemarin dan penjualan bunga hari ini juga lumayan,” ujar Evi Saat ditemui di Area TPU muslim Cipageran, Selasa (21/3).

Evi yang merupakan ibu rumah tangga itu bersyukur karena mendapatkan berkah dengan berjualan bunga di TPU jelang bulan suci kali ini.

”Hari biasa mah nggak berjualan bunga, cuman pas seminggu mau puasa dan pas jelang lebaran saja jualannya. Alhamdulillah ketiban berkah mau puasa,” ungkapnya.

Menurutnya, rata-rata peziarah yang datang ke TPU membeli bunga dan air. Sehingga, tidak hanya dirinya, warga sekitar pun ketiban berkah ketika membeludaknya penziarah.

Alhamdulillah kalau lagi rame banget kayak minggu kemaren sehari nyampelah lima ratus lebih dan kalau sepinya paling tiga ratus ribu rupiah. Tapi memang cukup ramai dalam seminggu terakhir jelang puasa ini,” ujarnya.

Untuk harga bunga sendiri, dirinya mematok harga Rp5 Ribu hingga Rp10 Ribu. Sedangkan harga air mawar Rp5 ribu per botol.

”Harganya seh untuk keresek kecil lima ribu, dan keresek besar sepuluh ribu sedangkan harga air mawar sepuluh ribu rupiah per botol air mineral ukuran 1 liter,” ungkapnya.

Sementara itu seorang peziarah asal Cimahi, Dudi Darmawan,47,  mengaku, jelang Bulan Suci Ramadan ini, ia bersama keluarga selalu rutin menziarahi makam orang tuanya.

”Ya setiap tahun rutin, dan hari hari biasa pun seminggu sekali kalau ada waktu kami selalu menyempatkan diri datang kesini (makam orang tuanya),” ujar Dudi.

Selain jelang Ramadan, jelang hari raya Idul Fitri pun, ia dan keluarga kerap mengunjungi makam ayah dan kakeknya yang berada di tengah tengah deretan TPU muslim tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan