Kepala Daerah Cabut HET Gas Elpiji 3 Kg, Kota Bandung Masih Merujuk Harga Lama

JABAREKSPRES – Kenaikan Harga Gas elpiji 3 Kg di Kota Bandung jelang Ramadan belum mengalami  kenaikan. Padahal di sejumlah daerah di Jawa Barat para kepala daerah sudah mencabut ketentua Harga Eceran Tetap (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah. Dia mengatakan untuk HET) Gas elpiji 3 Kg di Kota Bandung masih merujuk kepada aturan pemerintah pusat.

Elly mengakui, sejumlah daerah sudah mencabut HET yang ditentukan oleh Pertamina. Namun untuk Kota Bandung, sampai saat ini belum ada kenaikan.

“Memang di daerah lain ada yang sudah merubah HET, tapi untuk di Kota Bandung masih sama tidak ada kenaikan harga,” kata Elly kepada Jabar Ekspres, Jumat (17/3).

Elly menilai, jika Gas elpiji 3 Kg naik, dapat dipastikan akan memberatkan masyarakat. Sebab, keberadaan Gas elpiji 3 Kg itu banyak dipakai masyarakat menengah ke bawah dan para pelaku usaha kecil.

Meski begitu Elly mengakui, kewenangan menaikan Gas Elpiji 3 Kg ada di pemerintah daerah. Sejauh ini memang sudah ada desakan dari Hiswana Migas agar Pemkot Bandung mencabut HET yang ditetapkan pemerintah pusat dengan mengeluarkan SK Wali Kota.

Namun, Pemkot Bandung belum punya rencana untuk menaikan harga Gas elpiji 3 Kg itu dengan berbagai pertimbangan.

Terkait harga tabung gas 3 kilogram, sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

“Saya belum memproses, sudah melaporkan ke pak Wali Kota bahwa ada teman-teman di Bandung Raya yang sudah memproses perubahan HET tabung gas 3 kilogram,” terangnya

“Kita memang belum memproses, jadi HET masih sama tidak berubah, stok pun aman,” lanjut Elly.

Elly menilai, jika Gas elpiji 3 Kg dinaikan, dikhawatirkan akan berimbas pada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok. Terlebih saat ini menjelang ramadan dimana permintaan kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

“Kasihan warga, maka kami upayakan terus supaya harga-harga tetap stabil dan kondusif,” ungkap Elly.

Elly memastikan, keberadaan stok Gas elpiji 3 Kg di Kota Bandung dalam kondisi aman dan untuk harga HET masih merujuk pada harga yang ditetapkan pemerintah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan