Dishub Cimahi Siapkan 474 Tiket Mudik Gratis

Jabarekspres.com – Guna meringankan beban masyarakat khususnya pemudik, Pemerintah Kota Cimahi melaui dinas perhubungan (Dishub) kembali membuka program mudik gratis. Untuk lebaran tahun 2023 ini Dishub menyediakan sebanyak delapan bus untuk 474 orang pemudik.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi Chaerudin Djoehari mengatakan, Dishub Cimahi bakal menyediakan bus untuk jalur Selatan dengan tujuan Yogyakarta via Garut, Tasik dan jalur Utara tujuan Semarang via Cirebon-Tegal.

”Kita sudah mulai membuka pendaftaran dengan kuota 50 orang. Untuk satu keluarga kita batasi maksimal empat orang,” katanya, kepada wartawan, Rabu (8/2).

Mudik gratis tersebut disambut antusias oleh warga. Hal tersebut terlihat dari mereka yang akan mendaftar. Bahkan untuk pendaftaran hari pertama dengan jumlah 50 orang sudah terisi semua.

”Mereka (warga) sudah antri (mendaftra) sejak jam empat pagi (pukul 04:00 WIB),” ujarnya.

Dia mengatakan, sebelum pandemic Covid-19 atau sebelum ada larangan mudik, pemberian bantuan mudik gratis tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Tujuannya adalah memfasilitasi masyarakat agar dapat merayakan hari raya bersama keluarga.

”Untuk tiga tahun kita tidak mengadakan mudik gratis ini. Itu karena ada larangan mudik dari pemerintah,” terangnya.

Dia menjelaskan, Sejauh ini penduduk Kota Cimahi banyak yang datang dari daerah lain. Maka, tak heran jika Cimahi disebut sebagai miniatur Indonesia.

Menurutnya, mudik gratis ini terbuka untuk umum kaya atau miskin yang penting mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Cimahi.

“Semua kami fasilitasi selama kuota masih ada,” tandasnya.

Riyanti,52, salah seorang warga asal Magelang yang ikut mendaftar mudik gratis mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cimahi yang telah memfasilitasi warganya untuk merayakan Idul Fitri di Kampung.

”Rencananya saya mudik bersama anak saya. Jadi saya mendaftar dua orang,” katanya.

”Ini adalah mudik kedua saya yang diberikan gratis oleh pemkot Cimahi,” jelasnya.

Senada dengan Riyanti, Zaenal Mustofa,47, warga lainnya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Cimahi yang telah banyak memerhatikan kebutuhan warga.

Namun, untuk pendaftaran hari pertama dirinya mengaku belum kebagian karena kuota yang disediakn sudah terisi. ”Sekarang saya belum mendapatkan tiket karena sudah kehabisan. Saya kesini datang jam delapan pagi, tapi sudah habis,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan