Dorong Pemilu 2024 Sukses, Bima Arya dan KPU Tekankan Empat Hal

Jabar Ekspres – Pemkot Bogor berkolaborasi dengan KPU Kota Bogor untuk menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan.
Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Kota Bogor berjalan dengan lancar.

Dalam mendukung kelancaran tersebut, dirinya menekankan empat hal yang menjadi fokusnya. Di antaranya proses pemutakhiran data, persiapan panitia pemungutan suara (PPS), dan fasilitas penunjang pelaksanaan hingga yang menyangkut ketertiban maupun aturan.

“Kita pastikan tahapan pemilu berjalan lancar dan pemutakhiran data akan lebih digencarkan,” ungkapnya kepada wartawan pada Selasa, 7 Maret 2023.

Terkait pemutakhiran data, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan camat dan lurah guna memastikan tugas dari Panitia Pemutakhiran Pemutakhiran Data (Pantarlih) yang tengah melakukan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pada pemilih data berjalan mulus.

BACA JUGA: Petugas Pantarlih Dikeroyok, Ini Desakan Keluarga kepada Polisi

“Itu untuk memastikan semuanya terdaftar, karena jangan ada yang lewat satu suara pun berpengaruh,” serunya.

Kedua, Bima Arya juga memastikan untuk petugas PPS yang akan terlibat agar menjaga kesehatan dan harus fit. Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, tak sedikit para petugas PPS yang akhirnya bermasalah pada kesehatannya saat menjalankan tugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ketiga saya mempersilahkan ruang terbuka atau ruang publik digunakan oleh semua partai. Sejauh memenuhi aturan dari Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu), silahkan saja,” paparnya.

Terakhir, dirinya mendorong semua pihak khususnya kader-kader partai politik untuk terlibat dalam menjaga kondusifitas dan menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik, sebelum proses hingga pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang berjalan lancar dan dinyatakan sukses.

“Saya meminta semua pihak mentaati aturan menjaga ketertiban, tidak memaku atribut di pohon-pohon. Jadi atribut partai harus ditempatkan pada tempat yang sudah tersedia,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Samsudin menambahkan, pihaknya sebagai penyelenggara pemilu berkomitmen untuk terus melaksanakan dan mensukseskan Pemilu 2024.

BACA JUGA: Knalpot Bising Bikin Resah, Kapolresta Turun Tangan Pimpin Razia

“Sampai hari ini di 343 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara, kami terus melakukan tahapan pemilu. Antara lain pemutakhiran data pemilih, dalam hal ini coklit oleh pantarlih dan juga verifikasi dukungan calon DPD, serta tahapan yang lainnya,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan