TNI AD Bangun Kodam IKN, KSAD Sebut Bakal Ada Penyesuaian Modernisasi Alusista

Jabarekspres.com – TNI AD selalu siap mendukung pemerintah. Salah satu dukungan yang dilakukan adalah memperkuat pertahanan dan juga selalu siap menghadapi tantangan dan ancaman yang bisa datang kapan saja.

Untuk memperkuat pertahanan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), TNI Angkatan Darat akan membangun Kodam IKN.

Selain untuk pertahanan, Kodam IKN juga didirikan untuk menghadapi tantangan serta ancaman yang bisa muncul kapan saja serta sebagi dukungan terhadap pemerintah dalam membangun IKN.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, pembangunan Kodam IKN  merupakan komitmen TNI AD dalam mendukung program pemerintah.

Khususnya dukungan dalam membangun Kawasan IKN sebagai Pusat Pemerintahan Republik Indonesia di masa mendatang sekaligus center of gravity (COG).

”Ini dalam tahapan pembangunan Markas Besar TNI AD dan kemudian disitu ada Kodam Khusus Nusantara,” ungkap Dudung di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, Kemarin.

Dalam Seminar Nasional Pembangunan Kodam IKN  sebagai Satuan Operasional Pengaman Ibu Kota Negara Berbasis Sistem dan Instalasi Terpadu itu Dudung mengatakan, pembangunan Kodam IKN dilakukan secara simultan.

Dudung menyebut pembangunan Kodam khusus ini juga akan diselaraskan dengan pembangunan IKN.”Kita tergetkan (pembangunan) selesai pada Juni 2024,” ujarnya.

Dia menegaskan, Kodam IKN dipersiapkan untuk menghadapi berbagai tantangan serta ancaman yang mungkin bisa timbul mengancam pertanahan negara.

Sehingga, bakal  ada modernisasi Alusista yang disesuaikan dengan sistem pemerintahan yang serba modern.

”Pembangunan Kodam IKN akan ditopang Kodam XII serta Kodam VI yang secara jarak tidak terlalu jauh dari kawasan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,” terangnya.

”Tentunya akan didukung oleh Mabes AD kemudian Kodam dan Satpur, Banpur, maupun Dandim yang nanti akan diperbantukan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Andi Widjajanto menegaskan, pembangunan Kodam IKN sebagai bagian dari tranformasi pertahanan.

Pembangunan ini sebagai upaya menghadapi tantangan serta dinamika global abad 21 menuju 100 tahun Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

“Pembangunan Kodam IKN untuk mengantisipasi dinamika geopolitik yang baru, sekaligus penempatan teknologi-teknologi persenjataan yang akan diadopsi dalam pembangunan Kodam IKN,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan