Perkuat Kerja Sama, Bima Arya Terbang ke Jepang

Jabar Ekspres – Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang pada 2 hingga 3 Maret 2023.

Keberangkatan orang nomor satu di Kota Bogor itu diketahui sebagai tindak lanjut sejumlah peluang kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan bertemu sejumlah calon investor di Negeri Matahari terbit.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bogor, Hidayatullah menjelaskan, keberangkatan pimpinannya itu sudah terjadwal saat Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan Bima Arya di Kebun Raya Bogor, 1 Februari 2023 silam.

Dia menerangkan, dalam pertemuan itu membahas sejumlah potensi wilayah yang dapat dilakukan antar ke dua belah pihak. Salah satunya, potensi ekspor durian asli  Kota Bogor yang sedang dikembangkan di wilayah Kecamatan Bogor Selatan.

“Salah satu poin yang dibahas saat itu adalah potensi ekspor Durian Rancamaya ke Jepang. Pak Dubes sudah mencicipinya sendiri durian Musang King asli Rancamaya. Katanya tidak kalah dengan durian dari Malaysia yang selama ini mendominasi ekspor ke Jepang,” ungkapnya dikutip Kamis, 2 Maret 2023.

Mantan Camat Bogor Selatan itu menambahkan, nantinya Bima Arya juga akan melakukan pertemuan dengan calon investor dari Jepang untuk pembangunan Halal Food Center.

“Dijadwalkan akan bertemu dengan dua investor, yaitu Kajima Corporation dan Mitsubishi Logistic yang difasilitasi Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di Tokyo,” terangnya.

Setelah itu, sambung dia, usai bertemu calon investor, Wali Kota Bogor akan berkunjung Tokyo Rinkai Disaster Center Prevention Park yang merupakan institusi yang menangani manajemen serta pencegahan bencana di Jepang.

“Kemudian bertemu dengan Director Asosiasi Pemerintah Kota se-Jepang untuk bincangan seputar kerjasama antara Pemerintah Kota di bawah APEKSI dengan Pemerintah Jepang,” sebutnya.

Terakhir, dalam agenda yang disusun Bima Arya dijadwalkan akan mengikuti rangkaian acara KBRI Meeting yang juga di ikuti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Hari berikutnya, pak Wali akan bergabung dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara KBRI Meeting kaitan dengan kerjasama energi dan ketahanan pangan,” tandasnya. (yud)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan