Bangga! Enam Pemain APC, Miliki Peluang Tampil di Turnamen Internasional

BANDUNG – Persib Bandung menjadi salah satu klub yang konsisten melahirkan para pemain sepakbola berkualitas, melalui program akademi.

Lewat Akademi Persib Cimahi (APC), Tim Maung Bandung berhasil mencetak talenta muda, yang mampu bersaing di level Tim Nasional Indonesia.

Terakhir, APC juga mampu menyabet gelar juara Tays Bakers Barati Cup 2023 Bali, yang diproyeksikan untuk mengikuti Gothia Cup di Swedia.

Pelatih APC U-12, Agi Maulana menyatakan, keberhasilan timnya menjadi kampiun digelaran tersebut, karena hasil program kerja yang selama ini diterapkan oleh APC.

“Proses pelatihan di sini udah bukan kaya sekolah sepak bola (SSB). Di sini lebih ke tactical, cuman enggak menghilangkan fundamental tentang sepakbola-nya juga, kita tetap latih akan hal itu, tentang teknik dasar passing dan sebagainya,’’ kata Agi kepada Jabar Ekspres, Rabu (1/3).

Saat menjuarai Tays Bakers Barati Cup, APC berhasil mengalahkan tim Baturetno asal Bantul di partai final lewat Drama Adu Penalti. Turnament ini sendiri diikuti oleh 64 tim dari 13 provinsi. Ini menjadi suatu hal yang membanggakan bagi tim akademi hasil binaan Persib.

Tays Bakers Barati Cup Bali 2023, merupakan program yang diusung oleh PSSI, untuk memilih pemain yang akan dikirim bersaing di Gothia Cup di Swedia.

Sebagai peraih gelar juara, tentunya pemain APC mempunyai kans lebih besar untuk bisa tampil di event tersebut.

Menurut Agi, ada sebanyak 6 pemain APC yang kemungkinan besar dipanggil, untuk proyeksi menghadapi turnamen dunia tersebut. Pemain tersebut yaitu Aldo, Khadafi,  Alpatanah, Abdil, Nizam, Alghifari.

“Kalau menurut kacamata pribadi saya sebagai pelatih, ke 6 itu yang berpotensi akan dipanggil. Karena dari segi kemampuan, mereka di atas pemain-pemain lain yang mentas di sana, cuman kalau dari Indra Sjafri lebih suka Aldo,” jelasnya.

Pemilih pemain untuk tim yang nantinya diberangkatkan ke Swedia, untuk mengikuti Gothia Cup. Berdasarkan pilihan Talent Scouting dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Hal tersebut agar seluruh pemain mempunyai peluang yang sama untuk mentas di event internasional tersebut.

Nama-nama yang lahir hasil binaan APC antara lain, Kakang Rudiyanto, Robi Darwis, dan Ronaldo Joybera Kwateh yang kini merupakan punggawa timnas dalam melakoni AFC CUP U-20 di Uzbekistan. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan