Gagah dan Murah! Ini Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara di Indonesia

JABAR EKSPRES – Mobil ini sudah sangat dikenal di Indonesia dan merupakan nama yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Suzuki sebelumnya telah memperkenalkan Vitara di Indonesia pada tahun 1992.

Suzuki Grand Vitara diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia pada saat itu karena desain eksteriornya yang terlihat modis pada zamannya.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memanfaatkan situasi tersebut untuk memasuki kelas SUV segmen B melalui peluncuran Suzuki Grand Vitara Smart Hybrid di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Namun, strategi yang diambil oleh PT SIS berbeda dari produsen otomotif lain, karena mereka memilih untuk menjual Grand Vitara dengan teknologi Smart Hybrid, sementara mayoritas pesaingnya dalam kelas yang sama menggunakan mesin bensin konvensional.

Suzuki membuka peluang sebagai pionir dalam elektrifikasi dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) di segmen SUV B.

“(Teknologi) hybrid akan selalu menjadi tema dasar untuk Ertiga dan Grand Vitara ini,” ujar Head of 4W Brand Development, Marketing Research, and IT Network PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, mobil ini telah menggunakan per keong sejak awal diluncurkan, sehingga faktor kenyamanannya lebih baik dibandingkan dengan SUV sekelasnya yang masih menggunakan per daun.

Suzuki Grand Vitara “modern” yang saat ini tersedia di pasar pertama kali diluncurkan pada bulan September 2022 di India. Secara umum, model ini memiliki dua pilihan mesin, keduanya adalah hybrid, yaitu Smart Hybrid dan Intelligent Electric Hybrid.

Perbedaannya terletak pada jenis sistem hybrid yang digunakan, dimana Smart Hybrid menggunakan sistem mild hybrid dan Intelligent Electric Hybrid menggunakan sistem strong hybrid.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023

Gagah dan Murah! Ini Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara di Indonesia

Model yang dijual di Indonesia pasti diimpor dari India. Di India, mobil ini dilengkapi dengan sistem hybrid untuk semua varian. Namun, ada dua jenis hybrid yang tersedia, yaitu mild hybrid dan strong hybrid.

Sebelum peluncuran di Indonesia, ada beberapa bocoran yang mengindikasikan bahwa Suzuki Grand Vitara akan menggunakan sistem mild hybrid yang serupa dengan yang digunakan pada Suzuki Ertiga Hybrid.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan