Pemkot Cimahi Gelar OPM, 60 Ton Beras Ludes Diserbu Warga

Jabarekspres.com – Guna menekan harga beras di pasar, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Perindustrian (Disdagkoperind) menggelar operasi pasar murah (OPM).

Sedikitnya, 60 ton beras di jual di OPM yang dilakukan serentak di tiga kecamatan se-Kota Cimahi, dengan masing-masing kecamatan mendapat jatah sebanyak 20 ton beras.

Dalam OPM tersebut, setiap warga yang memiliki KTP mendapat jatah maksimal dua kantung beras dengan harga Rp85.000. Satu kantung berisi 5 kilogram.

Karena harga jauh lebih murah, warga pun sangat antusias untuk membeli beras berkualitas medium di OPM tersebut. Bahkan sejak pagi warga sudah rela mengantri.

Padahal OPM baru dibuka pukul 09:00 WIB. Khusus di Kecamatan Cimahi Selatan, OPM diselenggarakan di halaman Gedung Tekhnopark, Jalan Baros.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkoperind Kota Cimahi Sri Wahyuni mengatakan, pelaksanaan pasar murah diselenggarakan serentak di tiga kecamatan.

”OPM beras murah ini berjalan secara bersamaan di tiga kecamatan langsung yaitu di Kecamatan Cimahi Selatan,Cimahi Utara dan Cimahi tengah,” ungkapnya, kepada wartawan, Senin (27/2).

20 Ton Per Kecamatan

Dia menyebutkan, setiap kecamatan mendapat jatah sebanyak 20 ton beras atau sebanyak 4.000 kantung beras seberat 5 kilogram setiap kantungnya.

”Kami memperkirakan ada sekitar dua ribu sampai tiga ribu arga yang membeli beras di OPM ini,” sebutnya.

”Di sini (OPM) beras medium dijual dengan harga Rp8.500 per kilogram. Tentunya berbeda jauh dengan harga di pasaran yang saat ini tembus ngka Rp13 ribu per kilogram,” imbuhnya.

Rencananya dalam waktu dekat, Pemkot Cimahi kembali bakal menggelar OPM beras di tingkat kecamatan, utamanya jelang bulan Ramadan.

”Kita liat dulu stok dari bulog, kalau memang ada, kita akan operasi pasar murah sekali lagi. Insyaallah sebelum puasa atau pertengahan puasa,” tandasnya.

Sementara itu salah seorang warga asal Kelurahan Cimahi Selatan Danu,30, mengaku sudah datang sejak pukul 08.00 WIB. ”Saya tau ada oprasi pasar murah ini dari kelurahan,” ucapnya.

Dia membeli dua kantung beras seberat 10 kilogram. Dia mengakui jika operasi pasar beras medium ini sangat membantu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan