Minat Pembaca Tinggi, Pengunjung Tembus 64 Ribu Orang

 BANDUNGPerpustakaan Umum Jawa Barat (Jabar) masih jadi rujukan masyarakat. Selama 2022, minat pembaca warga Jabar di perpustakaan Jalan Kawaluyaan Indah II, Kota Bandung itu dikunjungi 64.078 orang. Mereks tampak asyik memaca koleksi buku dengan dilengkapi fasilitas yang mempuni.

Hendi, salah satu pegawai perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jabar mengungkapkan, kunjungan tertinggi masyarakat ada di bulan November dengan jumlah 9.230 orang. “Untuk kunjungan terendah ada di Maret dengan total 1.681 pengunjung,” kata Hendi kepada Jabar Ekspres, Senin 27 Februari 2023.

Hendi menambahkan, selain perpustakaan umum terbesar di Jawa Barat itu, Dispusipda Jabar juga mengelola perpustakaan di Gasibu. Perpustakaan di dekat Gedung Sate itu juga cukup digemari masyarakat. Selama 2022 sudah dikunjungi 960 orang.

Selain berminat membaca di tempat, perpustakaan umum juga memperkenankan masyarakat untuk meminjam buku. Tercatat ada 49.339 pustaka dipinjam masyarakat.

Kemudian antusias masyarakat untuk menjadi member baru di Perpustakaan Umum juga cukup tinggi. Tercatat ada 27.605 orang mendaftar sebagai anggota baru.

Guna meningkatkan edukasi masyarakat, Dispusipda juga menyediakan layanan perpustakaan keliling. Ada 1.899 orang mengakses layanan itu selama 2022.

Gedung perpustakaan umum itu juga cukup nyaman membaca buku di tempat. Ada banyak koleksi buku di setiap ruang baca. Termasuk tempat duduk dan meja yang nyaman untuk membaca.

Koleksi buku juga telah diklasifikasikan sesuai peruntukan pembaca. Salah satunya ada ruang baca khusus untuk anak – anak. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan