Anggota DPR RI Apresiasi BRI Berikan Kontribusi Kepada Negara

JAKARTA – Keberhasilan PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI memberikan kontribusi untuk pendapatan negara mendapat apreasiasi dari anggota DPR RI.

Anggota DPR RI Komisi IV Sarmuji mengaku bangga dengan kinerja BRI yang teah berhasil memberikan deviden maupun pendapatan dari Pajak.

‘’Untuk diketahui capaian laba bersih BRI Group pada tahun 2022 yang tumbuh mencapai 67,15 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp51,4 triliun,’’ ujar dia.

Menurutnya, selama kiprahnya dalam mendukung proogram pemulihan ekonomi nasional, BRI juga telah memberikan kontribusi positif dalam menyalurkan pinjaman KUR untuk UMKM.

“Lebih penting lagi BRI telah membantu dalam memberdayak pelaku usaha kecil yang di bank lain tidak banyak dilirik,’’kata Sarmuji.

Sementara UMKM adalah penyangga utama perekonomian kita,” katanya belum lama ini.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin menuturkan, kinerja positif BRI dalam membantu perekonomian Indonesia harus mendapat apresiasi.

“Kinerja positif ini tentu tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan dan pertumbuhan sektor perbankan, tetapi juga berdampak luas bagi negara dan masyarakat,” katanya.

Pertumbuhan laba juga mengalami kenaikan. Hal ini berbanding lurus dengan pemberikan kredit untuk sektor UMKM yang mendorong untuk bangkit karena Pandemi Covid-19.

Pada tahun lalu telah menyalurkan kredit dan pembiayaan senilai Rp1.139,08 triliun. Sebanyak 82,46 persen dari total kredit diserap oleh sektor UMKM.

“Dari sisi asset juga mengalami pertumbuhan signifikan atau sebesar 11,2 persen yoy menjadi Rp1.089,8 triliun,’’ kata Putri.

Semenatara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen memberikan economic social value terhadap negara dan masyarakat Indonesia.

Komitmen ini sesuai dengan harapan pemerintah agar sebagai perusahaan BUMN memberikan kontribusi pendapatan kepada negara baik dari pengelolaan usaha maupun dari setoran pajak.

‘’Perolehan pendapatan negara tersebut, tentunya akan kembali lagi kepada masyarakat dalam bentuk program pemerintah,’’ ucap Sunarso.

‘’BRI merupakan Bank milik Rakyat, berbisnis dengan rakyat, berproses dengan rakyat dan keuntungannya harus dikembalikan lagi untuk rakyat,’’ pungkas Sunarso. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan