Keren! Adira Finance Catatkan Pertumbuhan Laba Bersih 32 % di 2022

Disamping itu, sejalan dengan perbaikan kondisi ekonomi dan bisnis, biaya kredit tercatat menurun sebesar 35 persen y/y menjadi Rp907 miliar. Dengan demikian, Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) perusahaan masing-masing menjadi 8,6 persen dan 17,4 persen di tahun 2022.

Per posisi Desember 2022, kualitas aset perusahaan menunjukkan perbaikan yang ditandai rendahnya gross NPL konsolidasi yang dikelola di level 1,7 persen, dari sebelumnya sebesar 2,3 persen pada tahun 2021.

Penurunan ini didukung aktivitas ekonomi yang berangsur pulih sehingga mempengaruhi kapasitas pembayaran konsumen serta aktivitas penagihan yang intensif. Dari sisi pendanaan, perusahaan terus melakukan diversifikasi sumber pendanaannya melalui dukungan berkelanjutan dari pembiayaan bersama dengan perusahaan induknya, Bank Danamon dan memperoleh pinjaman eksternal yang meliputi pinjaman bank dan obligasi.

Per posisi Desember 2022, pembiayaan bersama mewakili 47 persen dari piutang yang dikelola. Sementara itu, total pinjaman perusahaan pada Desember 2022 tercatat turun 4 persen menjadi Rp 10,5 triliun, terdiri dari pinjaman bank baik dalam negeri

dan luar negeri dan obligasi, & sukuk masing-masing memberikan kontribusi 48 persen : 52 persen.

Hasilnya, gearing ratio turun menjadi 1,0 kali di tahun 2022 dari sebelumnya 1,2 kali di 2021, yang didukung dari

pertumbuhan jumlah ekuitas dari meningkatnya saldo laba. “Pada awal tahun 2023, kami berhasil

mempertahankan peringkat tertinggi domestik dengan penilaian idAAA/Stable dari Lembaga pemeringkat dalam negeri Pefindo. Disamping itu, Adira Finance juga mempertahankan peringkat internasional oleh

Lembaga Pemeringkat Moody’s dengan peringkat Baa1/stable, dan peringkat BBB dari Lembaga

Pemeringkat internasional Fitch Rating. Kami berharap

peringkat ini dapat mempermudah perusahaan untuk memperoleh akses pendanaan yang lebih kompetitif dan optimal dari dalam negeri maupun luar negeri,” Kata I Dewa Made Susila.

Adira Finance telah sukses berpartisipasi dalam acara IIMS 2022 sebagai Official Multifinance Partner bersama MUFG dan Danamon (Official Bank Partner) untuk mendukung ekosistem otomotif Indonesia. Untuk terus memperkuat kolaborasi antar grup (Bank Danamon dan MUFG) di 2023.

Adira Finance akan berpartisipasi dalam acara IIMS 2023 sebagai Official Multifinance Partner dengan MUFG dan Danamon dan ke depannya akan melanjutkan kerjasama ini. Pihaknya berkomitmen untuk memberikan solusi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan