Apa itu Proxy dan Manfaatnya untuk Website? Simak di Sini Penjelasannya!!

Jabarekspres.com — Segala aktivitas yang ada di era globalisasi saat ini menuntut setiap orang agar selalu terhubung pada internet. Kini bisa dikatakan bahwa akses internet sudah menjadi sebuah kebutuhan setiap orang. Setiap orang dapat terhubung pada kebutuhannya menggunakan akses internet. Inilah alasan kehadiran proxy server yang menjembatani pengguna internet dengan laman tujuan. Lantas, apa itu proxy dan manfaatnya untuk website?

Manfaat Proxy Untuk Website

Proxy merupakan sebuah layanan jaringan yang berguna untuk menjembatani antara pengguna dengan website. Dengan sistem inilah, pengguna dapat mengakses jaringan internet melalui IP Address berbeda lewat sebuah proxy server. Proxy server sendiri merupakan sebuah komputer atau sistem yang menawarkan layanan proxy.

Berbicara tentang apa itu proxy dan manfaatnya untuk website memang peranannya sangat penting dan ada beberapa manfaat untuk website yang perlu anda ketahui berikut ini :

  1. Memantau Trafik

Sistem proxy bisa anda pergunakan guna memantau trafik dari pengguna internet serta bisa mencatat apa saja laman-laman yang pengguna kunjungi agar terhindar dari penyalahgunaan internet. Biasanya hal tersebut seringkali dilakukan oleh perusahaan, lembaga formal maupun lembaga pendidikan.

  1. Dapat Mengakses Website yang Diblokir

Layanan jaringan ini juga berfungsi untuk membuka akses menuju situs laman tertentu yang terblokir. Anda bisa menggunakan sistem layanan jaringan ini ketika ingin mengakses situs-situs web tertentu dengan cara menyembunyikan alamat IP asli anda serta memakai alamat IP proxy server agar bisa mengakses website yang telah terblokir.

  1. Connecting Sharing

Manfaat lainnya dari proxy server adalah untuk menghubungkan berbagai server. Dengan memakai layanan jaringan ini, maka setiap orang di perusahaan bisa mengakses internet dengan menggunakan satu gateway. Sehingga anda bisa saling share akses data ke setiap perangkat komputer menggunakan satu server.

  1. Mempercepat Akses Jaringan Internet

Manfaat lainnya dari proxy yaitu dapat mempercepat akses jaringan internet. Sebab proxy dapat menyimpan data cache, sebagai tempat penyimpanan sementara jika anda sebelumnya pernah mengunjungi website tertentu. Dengan demikian, saat hendak mengunjungi website serupa yang kedua kali, sistem akan langsung mengarahkan anda ke website tersebut.

Tinggalkan Balasan