Tradisi Unik! Sejumlah Hewan Peliharaan Mendapat Pemberkatan di Gereja

JABAR EKSPRES – Bukan hanya manusia saja yang mendapat pemberkatan, tetapi sejumlah hewan peliharaan di Spanyol juga mendapatkannya.

Pemberkatan ini merupakan sebuah tradisi tahunan di Spanyol. Ratusan pemilik hewan peliharaan membawa hewan mereka ke gereja untuk melakukan pemberkatan secara massal sekaligus untuk berziarah.

Para imam Katolik di gereja Spanyol memberkati para hewan yang sudah mengantre pada Hari St Anthony the Abbott, santo perlindungan hewan pada 17 Januari 2023.

Beberapa anjing menggonggong, tetapi sebagian besar hewan lain dengan sabar menunggu gilirannya untuk diperciki air suci di tangga Gereja St Anthony’s, Madrid Tengah.

Sejumlah hewan lainnya juga turut memperoleh pemberkatan di hari itu. Hewan tersebut seperti kucing, ferret, dan berbagai jenis burung.

Selain hewan peliharaan, masyarakat setempat juga banyak yang membawa hewan-hewan ternak mereka untuk diberkati.

Pendeta Angel Garcia kemudian mengucapkan Misa di depan puluhan hewan peliharaan di dalam ruangan.

Salah satu pemilik hewan peliharaan bernama Carlos Cabestany membawa anjing greyhound bernama Rita.

“Ini adalah tradisi Madrid dan kami ingin mempertahankannya,” ucap Carlos.

Santi Fransiskus adalah seorang biarawan gereja Katolik kelahiran Kota Assisi, Italia. Pada 5 Juloi 1182 mendirikan Ordo Fratrum Minorum pada tahun 1209 dan pengikutnya disebut dengan Fransiskan.

Pada tradisi tersebut, terdapat dasi kupu-kupu untuk hewan peliharaan dengan gambar San Anton yang dijual di luar Gereja San Anton selama perayaan pesta santo perlindungan hewan di Spanyol pada 17 Januari 2023.

Seorang warga Madrid lainnya bernama Diaz mengaku bahwa dirinya selalu menghadiri acara tradisi ini setiap tahunnya dengan membawa hewan peliharaannya.

Tradisi pemberkatan hewan peliharaan ini pertama kali dilakukan di Mesir pada tahun 250 Masehi.*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan