Buka Jurusan Pertanian, SMKN Puspahiang Tasikmalaya Berdayakan Petani Milenial

TASIKMALAYA – SMKN Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya layak mendapatkan dukungan penuh Pemprov Jabar khususnya Disdik Jabar.

Pasalnya, sekolah yang berada di tengah-tengah lahan pertanian itu sedang semangat-semangatnya untuk melahirkan petani-petani milenial.

Sementara dunia pertanian menjadi program unggulan sekolah yang dipimpim Drs Dedi Suryaman MPd tersebut. Bahkan jurusan pertanian yang paling banyak diminati siswa.

“Program unggulan sekolah kami di bidang pertanian. Kebetulan sejarahnya sekolah ini fokus di pertanian yang dikembangakna menjadi 4 jurursan,” ujar Humas SMKN Puspahiang, Dadan Syahminuddin Spd, Rabu 11 Januari 2023.

Untuk mengembangkan lahan pertanian, pihaknya kata Dadan, menjalin kerjasama dengan PT Bayer. Sebuah perusahaan di Jabar yang salah satunya konsentrasi dengan pertanian.

Adapun bentuk kerjasama kedua belah pihak ini adalah sekolah menyediakan lahan pertanian sementara perusahaan memberikan support berupa pupuk, benih bahan pertanian dan lain sebagainya.

“Jadi tugas siswa di sini bertani mulai dari menggarap sawah hingga panin itu dikerjain siswa,” ungkapnya.

Dikatakan Dadan, lahan pertanian yang dimiliki sekolah seluas 1,5 hektare. Namun, yang tergarap masih sebagain kecil. “Karena kerja sama ini masih berjalan di tahun ini, jadi lahan yang tergarap masih sebagai percontohan saja. Tapi ke depan terus akan diperluas,” katanya.

Sementara salah satu Guru Produktif Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMKN Puspahiang Ida Farida ST, MPd menambahkan, para siswa yang mengambil jurusan pertanian cukup antusias.

Ia pun berharap, agar lulusan SMKN Puspahiang bisa mengembangkan ilmu pengetahuannya di lapangan dengan menjadi petani milenial.

Apalagi saat ini dunia pertanian mulai ditinggalkan banyak orang yang semestinya hal tersebut tidak terjadi. Sebab, pertanian bukan hanya dalam pemenuhan kebutuhan pangan saja tetapi juga dapat dijadikan sarana untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam.

“Alhamdulillah kalau di sekolah kami masih terbilang cukup antusias penimat jurusan pertanian. Dan orang tua siswa juga memberikan dukungan penuh bagi putra-putrinya mengambil jurusan pertanian,” kata Ida, perempuan berkerudung berparas ayu ini.

 

SMKN Puspahiang Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

 

Selain itu, Ida juga menyinggung soal bentuk kerjasama dengan PT Bayer. Ida berharap agar lulusan SMKN Puspahiang bisa direkrut menjadi bagian karyawan perusahaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan