Apakah CPNS 2023 Akan Dibuka Tahun Depan atau Tidak? Ini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Masih menjadi pertanyaan beberapa masyarakat terkait informasi CPNS, apakah CPNS 2023 akan dibuka tahun depan atau tidak?

Apakah akan menemukan kabar baik atau sebaliknya? begini penjelasan resmi dari pemerintah seputar informasi penerimaan CPNS 2023.

Ternyata ada kabar baik bagi masyarakat yang sedang menanti pembukaan CPNS di tahun 2023 nanti.

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB) menyampaikan akan memastikan membuka rekrutmen penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2023.

Mengutip dari laman resmi Kementerian PANRB, rekrutmen ini disebutkan terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Adapun pengadaan tahun 2023 memiliki empat arah kebijakan yang mendukung transformasi sumber daya manusia.

“Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023,” kata Abdullah Azwar Anas selaku Menteri PANRB, yang dikutip Jabarekspres.com dalam laman web resmi KemenPANRB.

Berikut adalah 4 arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023:

  1. Fokus pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan. Fokus tersebut dilakukan juga untuk menyelesaikan masalah tenaga non-ASN secara optimal.
  2. Kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur.
  3. Merekrut CPNS secara sangat selektif.
  4. Mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

Menteri Anas menyebutkan khusus untuk seleksi CPNS tahun depan, ada prioritas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya.

Selain itu, termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sementara itu, untuk PPPK akan difokuskan pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

Itulah informasi seputar CPNS yang dipastikan oleh pemerintah akan dibuka di tahun depan 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan