Masuk Jadi Makanan Favorit, Apakah Popcorn Aman Bagi Kesehatan?

Jabarekspres.com- Mungkin anda merasa tidak asing jika mendengar kata popcorn, saat ini popcorn sendiri masuk jadi makanan favorit, apakah sering mengkonsumsi popcorn baik bagi kesehatan?

Popcorn merupakan makanan yang berbahan utama biji jagung, saat ini popcorn memiliki berbagai rasa seperti caramel, salt, mentega, keju, coklat, dan pedas.

Langkah dalam pembuatan popcorn dilakukan dengan memanaskan microwave atau panci selanjutnya masukan biji jagung tersebut, maka sedikit demi sedikit biji jagung tersebut akan mengembang sehingga menjadi popcorn.

Popcorn dapat menjadi menu cemilan saat sedang menonton film atau pada saat sedang bersantai.

Berdasarkan hasil kutipan dari hellosehat, popcorn mengandung gizi tinggi seperti vitamin, mineral, serat, dan rendah kalori, dalam popcorn juga terdapat kandungan glikemik yang rendah, sehingga popcorn dapat dikonsumsi oleh semua orang tanpa perlu mengkhawatirkan berat badan bertambah dan gula darah yang akan naik.

Selain itu dalam popcorn juga terdapat kandungan baik seperti vitamin B kompleks, magnesium, fosfor, kalium, dan zat besi.

Popcorn biasa memiliki nilai kalori sekitar 30 kalori per mangkuk, tetapi popcorn yang ada pada bioskop rata-rata memiliki nilai kalori sekitar 1000-1200 kalori, seta 57-60 gram lemak jenuh, dikarenakan popcorn bioskop telah ditambahkan bumbu lain.

Jika kamu memang ingin mengkonsumsi popcorn dengan sering, kamu dapat melakukannya tetapi tidak dibumbui dengan yang lainnya, karena dapat meningkatlan berbagai macam kalori dan lemak.

Berikut cara mengolah popcorn agar dapat menjadi makanan favorit yang aman bagi kesehatan

  1. Siapkan Panci panas
  2. Hindari penggunaan mentega atau margarin
  3. Pilih bumbu yang aman untuk digunakan
  4. Berikan tambahan serbuk sayur
  5. Batasi jumlah mengkonsumsi popcorn

Diketahui ternyata popcorn yang dipasak dengan menggunakan microwave lebh banyak mengandung lemak dari pada di pasak dengan menggunkan panci.

Hal tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan jantung dan hal tersebut dapat menimbulkan penyakit lain bagi tubuh.

Berdasarkan hal tersebut, alangkah lebih baiknya jika akan memasak popcorn gunakanlah panci, dan pilihkan bumbu yang baik dan aman bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan