Link Cek IMEI Hp dan Cara Mudah Periksa IMEI Tanpa Internet

JABAR EKSPRES – Anda bisa mengetahui jenis Hp Anda ilegal atau resmi melalui link cek IMEI Hp dan periksa lisensi IMEI Hp tanpa sambungan internet.

Apa itu IMEI? IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yang merupakan sebuah nomor unik yang dimiliki setiap HP. Kami akan membagikan link cek IMEI beserta cara yang harus kamu lakukan.

IMEI adalah salah satu hal yang paling penting pada handphone (Hp) jenis dan merek apapun, bahkan jika keberadaannya tidak terdaftar maka akan sangat fatal untuk keberlangsungan fungsi perangkatnya.

Jumlah nomor IMEI biasanya antara 15-17 digit yang akan selalu ada di setiap ponsel berlisensi resmi. Nomor ini dikeluarkan oleh penyedia layanan untuk mengidentifikasi perangkat yang valid.

Selain tanda lisensi resmi Hp, IMEI juga berfungsi untuk mengaktifkan jaringan GSM (Global System for Mobile Communication) guna mengidentifikasi perangkat yang mencoba tersambung dengan handphone tersebut

Melalui link ini, kamu akan bisa cek IMEI dan periksa lisensi Hp yang kamu miliki.

3 Cara cek IMEI Hp :

  1. Kunjungi website Kementerian Perindustrian di https://imei.kemenperin.go.id
  2. Lakukan panggilan di perangkat smartphone dengan menekan tombol *#06* untuk melihat info IMEI perangkat.
  3. Melihat info nomor IMEI pada menu pengaturan smartphone tersebut.

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) mulai buka suara atas maraknya jasa Unlock IMEI Hp di internet dan media sosial.

APSI meminta pemerintah untuk menindak tegas para penyedia jasa unlock IMEI ponsel yang banyak beredar di e-commerce. Sebab jasa tersebut dinilai telah melanggar hukum karena mendukung penjualan ponsel ilegal.

Ketua APSI Hasan Aula mengatakan, bekalangan ini semakin marak penyedia jasa buka IMEI ponsel dengan beragam variasi. Ia menyebut kalau itu bisa dikategorikan mendukung peredaran ponsel ilegal.

“Perlu ada penegakan hukum yang nyata terhadap para pelaku penyelundupan ponsel ilegal dan penindakan secara tegas terhadap pelaku unlock IMEI,” ungkap Hasan dalam keterangannya, Rabu 12 November 2022.

Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi Pengawasan (KSP) Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag), Gembong Sukendra juga mengingatkan masyarakat untuk selalu meminta penjual menguji masing-masing slot kartu SIM di telepon seluler. Masyarakat diminta memperhatikan adanya sinyal atau layanan seluler pada produk tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan