75 Organisasi Mahasiswa Bersaing Ikuti Lomba Abdidaya 2022

Jabarekspres – Sebanyak 75 Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia mengikuti ajang ‘Abdidaya 2022‘ yang berlangsung pada 6-11 Desember 2022 mendatang.

Program kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) itu menunjuk IPB University menjadi tuan rumah.

Koordinator Organisasi Kemahasiswaan, Belmawa Ditjen Ditiristek, Kemendikbud Ristek, Dhaniek Wardanie Ratnaningrum menjelaskan, Abdidaya 2022 merupakan bagian program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

“Ini adalah program baru rasa lama. Tahun ini Abdidaya digelar di IPB University di bawah koordinasi Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Ditmawa-PK),” ungkapnya kepada Jabar Ekspres Kamis, (8/12).

Sebelumnya, sambung dia, PPK Ormawa memiliki program khusus tentang pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Waktu itu dikenal dengan skema Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Namun, pada tahun 2022 Kemendikbud Ristek kembali meracik program pemberdayaan tersebut dengan harapan agar lebih baik dan tujuannya lebih terukur.

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi softskill mahasiswa dalam hal kepemimpinan.

Tujuan umumnya adalah meningkatkan kinerja dalam memperkuat kapasitas organisasi kemahasiswaan sehingga menjadi organisasi yang kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air.

Sedangkan tujuan khususnya, kata dia, untuk meningkatkan kapasitas ormawa menjadi organisasi yang berkarakter Pancasila berprinsip bela negara dan menjadi inisiator pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *