Lantik 451 Kepala Sekolah, Bupati Minta Tekankan Pendidikan Karakter

Jabarekspres – Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan melantik sebanyak 451 Kepala Sekolah Menengah (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Halaman SMPN 2 Padalarang, Kamis (8/12/2022).

Para Kepsek yang dilantik itu terdiri dari SD 394 orang dan SMP 57 orang, baik yang promosi maupun rotasi.

Jumlah Kepala sekolah yang promosi, untuk SD 175 orang serta SMP 28 orang. Sementara yang rotasi Kepala SD 220 orang dan Kepala SMP 29 orang.

Kepada 451 Kepsek yang baru dilantik, Bupati Bandung Barat ini mengatakan tentang pentingnya karakter seorang kepala sekolah.

Hal itu perlu dilakukan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta unggul sebagai modal kemajuan bangsa ke depan.

“Kepala sekolah harus mampu menggerakkan, mengambil keputusan dan juga memberikan teladan bagi sekolah yang dipimpin,” jelas Hengky

Tidak  hanya itu, kepada para kepala sekolah, Hengky menegaskan, harus selalu siap menjawab tantangan zaman dengan memiliki karakter IKI atau inisiatif, kolaborasi serta inovasi.

Hengky juga menyebut saat ini, kolaborasi tidak bisa dikesampingkan baik dengan orang tua maupun dengan private sector.

Termasuk menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi seluruh siswa. Karena dengan bangunan karakter yang kuat akan mampu membentuk siswa menjadi pribadi-pribadi yang kuat pula.

“Yang paling utama adalah membangun kesadaran dan disiplin. Terutama jangan sampai ada kekerasan dan jangan sampai ada bullying apalagi pelecehan seksual,” jelasnya

“Jaga nama baik, kedudukan, profesi, dan mari kita ciptakan sistem akademik untuk kenyamanan semuanya,” lanjutnya

Orang nomor satu di Bandung Barat ini juga  juga meminta meminta kepala sekolah, guru serta tenaga pendidikan untuk terus memacu prestasi-prestasi pendidikan di Bandung Barat sebagai semangat untuk bersaing.

“Menjadi sekolah terbaik, memiliki anak didik terbaik yang memiliki kualifikasi dan academic achievement terbaik. Karena itu saya titip cintailah siswa-siswi di sekolah sebagaimana kita mencintai anak sendiri,”  pungkasnya,. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan